Berita Surabaya

Khofifah Kembali Kenalkan Sosok Pahlawan Pada Mahasiswa

Khofifah mendorong para generasi muda terutama mahasiswa untuk mencurahkan energi postifinya membangun bangsa dan negara.

surya/istimewa
Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa 

SURYA.co.id | SURABAYA - Perjuangan mahasiswa dalam kegiatan sosial menjadi bentuk teladan mahasiswa atas berbagai sikap pahlawan. Hal ini disampaikan Menteri Sosial, Khofifah Indar Parwansa pada mahasiswa Universitas Airlangga (Unair) Surabaya dalam kuliah umumnya, Sabtu (25/11/2017).

Iapun kembali mengenalkan sosok dua bapak pendiri bangsa yakni Soekarno yang mendirikan Partai Nasional Indonesia (PNI) saat umur 26 tahun dan Muhammad Hatta yang mendirikan Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia (PPPI) saat umur 24 tahun.

"Saya memberi referensi bagaimana pelajar Indonesia dinisiasi dari umur 24. Kristina Martatiahahu juga gugur di medan perang di umur 17 tahun. Itu menunjukkan pada usia belasan tahun itu hatinya pada pergerakan nasionalisme," ujarnya.

Dia juga mencontohkan, KH Wahid Hasyim pada umur 30 menjadi anggota Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPKI) termuda dan menjadi salah satu bagian yang menginiasi kebhinnekaan.

"Tujuh kata di Piagam Jakarta dihapus antara lain peran kuat Wahid Hasyim pada umur 30 tahun," ujarnya.

Dirinya mendorong para generasi muda terutama mahasiswa untuk mencurahkan energi postifinya membangun bangsa dan negara.

"Referensi dari pahlawan yang sebenarnya banyak melakukan pergerakan pada usia belasan tahun. Anggota BEM yang usianya di bawah 20 tahun atau 22 tahun ini bisa menjadi bagian strategis untuk kembali memotret keteladanan perjuangan para pendahulu bangsa," tuturnya.

Selain itu dirinya mencermati terminologi "kids jaman now" yang berkembang saat ini. Khofifah mengaku ingin tahu "kids jaman now" apakah menjadi suatu alasan pergerakan BEM.

"Saya melihat bagaimana mereka bersama-sama menurunkan dini rasio. Bagaimana disparitas antarstrata, status sosial dijawab dengan program nyata. Ini akan menjadi spirit bagi BEM-BEM yang lain," ucap Khofifah.

Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved