Berita Surabaya

Dua Pemuda Naik ke Lantai 14 Apartemen di Surabaya lalu Lakukan Hal Tak Terduga

Tim Anti Bandit Polsek Mulyorejo Surabaya mengungkap pencurian di apartemen.

Dua Pemuda Naik ke Lantai 14 Apartemen di Surabaya lalu Lakukan Hal Tak Terduga
surya/Fatkhul alami
PENCURI KABEL - Dua pelaku pencurian kabel listri di aparteman Melati Jl Mulyorejo Utara Surabaya diamankan di Mapolsek setempat. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Tim Anti Bandit Polsek Mulyorejo Surabaya mengungkap pencurian di apartemen.

Dua pencuri yang menyikat kabel listri di apartemen Melati Jl Mulyorejo Utara 201 Surabaya itu digulung dan kini mendekam di sel tahan.

Aksi pencurian kabel listrik itu terjadi, 15 November 2017. Pencurian ini dilakukan dua orang, yakni M Soleh (40), asal Jl Kapas Baru Gang VIII/83 dan Arif Ariawan (34), Jl Kapas Madya Gang I-G/35 Surabaya.

Kaposel Mulyorejo Surabaya, Kompol Bagus Dwi Rusiawan menjelaskan, pencurian dilakukan kedua pelaku ini sudah direncanakan secara matang.

Pelaku datang ke proyek pembangunan apartemen dengan pura-pura jadi pekerja proyek dan memakai rompi pekerja.

Selanjutnya, keduanya naik ke lantai 14 dan memotong kabel listrik yang sudah terpasang.

"Pelaku (Soleh dan Arif) memotong kabel listrik sepanjang 20 meter. Kabel itu tak langsung dibawa, tapi disimpan di salah satu ruangan di lantai enam bersama dengan kabel lainnya," kata Bagus, Senin (20/11/2017).

Menurut Bagus, aksi tersebut sebenarnya sudah diketahui. Tapi pelaku masih belum membawa kabel listrik curiannya keluar dari apartemen.

Pelaku ternyata kembali ke aparteman pada keesokan harinya, 16 November 2017.

Pelaku naik ke lantai enam dan mengupas kabel pakai cutter yang sudah dicurinya. Aksi tersebut dilaporkan ke Polsek Mulyorejo.

"Kebetulan anggota tim Anti Bandit sedang patroli dekat lokasi (apartemen Melati) dan langsung menangkapnya. Saat itu pelaku selesai mengupas kabel listrik curian," terang Bagus.

Setelah ditangkap, kedua pelaku langsung digelandang ke Mapolsek Mulyorejo guna menjalani penyidikan.

Polisi juga menyita beberapa barang bukti, seperti tang, cutter, dua rol kabel listrik ukuran 1,5 mm dalam bentuk potongan, kabel listrik ukuran 3x4 yang sudah dikuliti dan tinggal tembaganya dalam keadaan terpotong sepanjang satu meter sebanyak 20 buah.

Salah satu pelaku, Soleh mengakui dirinya dan temannya sudah merencanakan pencurian kabel listrik. Rencananya kabel itu akan dijual lagi.

"Saya pura-pura pekerja proyek, rompi dan helm sudah disiapkan. Dulu saya pernah nglamar sebagai pekeja proyek, tapi tak ada lowongan," aku Soleh.

Penulis: Fatkhul Alami
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved