Sambang Kampung

Ajari Warga Kampung Ketrampilan Bekal Dari Luar Negeri

Berkumpulnya keluarga akademisi ITS dalam satu perumahan tentunya memberikan warna berbeda.

surabaya.tribunnews.com/ahmad zaimul haq
Ibu-ibu PKK di kawasan rumah dinas pegawai dan dosen di lingkungan Institut Teknologi 10 Nopember (ITS) Surabaya rutin meggelar kegiatan bersama. 

SURYA.co.id | SURABAYA – Berkumpulnya keluarga akademisi ITS dalam satu perumahan tentunya memberikan warna berbeda. Apalagi jika para dosen itu sempat mendapat tugas belajar di luar negeri. Hal ini dialami Wahyu Iriani (49) yang mengikuti suaminya untuk tugas belajar di Inggris.

Pengalamannya mendapat pelatihan secara gratis di Inggris membuatnya menguasai beberapa kerajinan. Bahkan ia akhirnya menggunakan bekal tersbeut untuk mengajar ibu-ibu PKK dan Dharma Wanita di lingkungan perumahan ITS.

“Dari tahun 2000 saya di perumahan ITS, tetapi baru 3 tahun terakhir saya mulai lebih serius mengajar keterampilan ini. Saya waktu di Inggris sering ikutan Woman International Grup, semacam kursus gratis,” ujarnya.

Dari sana ia mempelajari seni lukis, decoupage, wooddecor dan 3D clay. Ia juga mendapat banyak inspirasi pemandangan untuk dijadikan lukisan pada baju dan berbagai media seperti kerudung dan sarung bantal.

“Sekarang juga mengajar privat ibu-ibu yang memang mau bisa melukis di atas kain,” ujarnya.

Untuk ibu-ibu PKK menurutnya tidak membutuhkan banyak modal untuk memebuat kerajinan ini. Hanya perlu media, cat tekstil impor dan juga pamidangan layaknya menyulam.

“Ibu-ibu ini ya fleksibel, kalau mau cepat bisa memang harus rutin. Tingat dasar 3 sampai 4 jam saja mungkin sudah jadi,” ujarnya.

Untuk decoupage, seni kerajinan dengan menempel kertas atu tissu bermotif sebagi hiasan juga ia lakukan. Apalagi tugas suaminya yang sering ke luar negeri membuaatnya bisa dengan mudah mendapat tissu atau kertas bermotif dari luar negeri tanpa impor.

Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved