Breaking News:

Single Focus

Syarat Ketat Pakai Fasilitas Olahraga di Surabaya Demi Jaga Kualitas Sarana Prasarana

Soal ketatnya syarat memanfaatkan fasilitas olahraga berstandar internasional di Surabaya, begini kata Dispora.

surabaya.tribunnews.com/ahmad zaimul haq
Seorang atlet berlatih di lapangan Thor, Surabaya. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Persyaratan ketat yang diberlakukan dalam pemakaian lapangan berstandar internasional di Surabaya, memiliki tujuan khusus. Tepatnya, untuk menjaga kualitas sarana dan prasana di lapangan olah raga itu.

Pernyataan itu disampaikan Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Surabaya Edi Santoso, terkait banyak lapangan berstandar internasional yang masih minim pemanfaatannya.

"Membuat lapangan standar international ini ide dari wali kota. Tujuannya, agar anak-anak Surabaya bisa merasakan berlatih di sini namun rasa luar negeri. Suatu ketika saat ada pertandingan di luar negeri, mereka tidak grogi saat bertanding," ulas Edi.

Ia menyebutkan, misal di sirkuit Bung Tomo, untuk mengatur siapa yang boleh balapan memang ada izin. Dispora selalu koordinasi dengan IMI Jawa Timur.

Sebab balap motor drag race tergolong olah raga cukup berbahaya. Sehingga, harus dipenuhi syarat-syarat demi keamanan.

Ia merinci, harus ada ambulan, menggunakan kostum yang safety, dan spesifikasi kendaraan yang digunakan.

"Kalau seandainya bawa massa juga harus ada izin polisi. Kekuatan lintasannya jangan khawatir. Asal perawatannya benar, 25 ton masih kuat itu," ujarnya.

Tidak hanya itu, hal sama juga diterapkan di lapangan standar internasional yang lain. Misalnya lapangan THOR. Untuk menggunakan fasilitas ini, atlet disyaratkan menggunakan sepatu spike, yang ada paku di ujung sepatunya.

"Ini karena lapangan di sana sudah didesain sedemikian rupa memenuhi standar internasional. Lapangan larinya dibuat dari tartan, jadi paling tidak harus spike sepatunya," ungkap Edi.

Selain itu, ia juga mengatakan, masyarakat umum bisa mengakses lebih mudah di lapangan ini, utamanya untuk latihan fisik lari dan lompat jauh.

Halaman
12
Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved