Berita Surabaya

Tangan Cacat Tapi Piawai Main Gitar, Begini Cara Tony Memmel Syukuri Nikmat Tuhan

Tangan Tony Memmel memang tidak lengkap seperti halnya orang lain pada umumnya. Tapi, kepiawaiannya bermain gitar jangan diragukan lagi...

surabaya.tribunnews.com/achmad pramudito
Tony Memmel (tengah, mengangkat tangan) didampingi temannya, Joey Wengerd (kanan), berkolaborasi dengan para mahasiswa saat tampil di kampus Universitas PGRI Adi Buana, Kamis (16/11). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Tony Memmel (31) terlahir dengan tangan kiri yang hanya sebatas siku. 

Namun, sulung dari dua bersaudara itu ternyata piawai memainkan beberapa alat musik, khususnya gitar

“Aku sejak kecil sudah suka musik. Tapi baru 13 tahun ini intens main gitar,” kata Tony kepada Surya, Rabu (15/11) malam.

Pria kelahiran Milwaukee negara bagian Wisconsin, Amerika Serikat ini mengaku antusias belajar gitar ketika melihat teman kuliahnya yang pandai dalam hal musik.

“Hanya dengan melihat acara musik atau orang lain main musik dia sudah langsung bisa memainkan irama yang sama tanpa lihat chord,” tuturnya.

Tony semangat menabung dari gaji yang dia peroleh dari kerja part time usai kuliah untuk membeli gitar. Namun, ketika gitar sudah di tangan, keinginan belajar main gitar tak bisa langsung didapat.

“Guru di sekolah musik yang aku datangi bilang mereka nggak punya program untuk siswa disabilitas seperti aku,” begitu kisahnya.

Penolakan itu tak membuat Tony patah semangat. Dia lalu pergi ke perpustakaan dan mencari buku musik. “Dari buku itu aku belajar bagaimana cara memetik senar gitar dengan betul,” bebernya.

Perlu waktu dua tahun bagi Tony untuk bisa menguasai gitar dengan baik dan benar. Dan selama delapan tahun Tony mengasah kemampuan bermusiknya sebelum kemudian dia memberanikan diri tampil di hadapan umum.

Kini setiap bermain gitar dia menempelkan lakban hitam di sikunya yang lalu dia manfaatkan untuk memetik senar gitar.

Halaman
12
Penulis: Achmad Pramudito
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved