Breaking News:

Sambang Kampung Semampir

Tak Ada Larangan Non Muslim Berkunjung ke Wisata Ampel

Namun, bukan berarti wisatawan dari non-Islam dilarang berkunjung. Justru mereka akan disambut hangat saat berkunjung.

Penulis: Fatimatuz Zahro | Editor: Parmin
surya/achmad zaimul haq
PELAJARI KEBERAGAMAN - Konsul Jenderal Amerika Serikat di Surabaya Heather Variava (baju putih), Rabu (15/11/2017), mengunjungi makam Sunan Ampel. Kunjungan ini dalam rangka memperingati hari Thanksgiving (Hari Raya Bersyukur) di Amerika Serikat dirayakan setiap pekan ketiga bulan November. 

SURYA.CO.ID | SURABAYA - Wisata Religi Sunan Ampel Surabaya memang dibanjiri peziarah setiap harinya. Hampir semuanya pengunjung yang datang ke tempat wisata ini adalah beragama Islam.

Namun, bukan berarti wisatawan dari non-Islam dilarang berkunjung. Justru mereka akan disambut hangat saat berkunjung ke kawasan tokoh penyebar agama Islam di Pulau Jawa Raden Rahmat ini.

Hal itu dibenarkan oleh Ketua Takmis Masjid Sunan Ampel Muhammad Azmi Nawawi, Rabu (15/11/3/2017).

Ia menegaskan cukup banyak tokoh yang pernah berkunjung ke wisata religi ini.

Salah satunya hari ini Konsul Jenderal Amerika Serikat di Surabaya Heather Variava juga berkunjung ke Makam Sunan Ampel. Tokoh penting negara adidaya di Surabaya itu juga disambut hangat oleh takmir masjid.

"Kami tidak pernah membatasi. Justru akan kami sambut dengan sangat baik. Kami ingin menunjukkan bahwa Islam itu membawa kedamaian, bukan kebencian," kata Azmi.

Pihaknya mengaku bahwa pihaknya juga aware untuk menyambut tamu dari mana saja. Justru dengan di tengah keberagaman, mereka tak pernah membatasi dan mendiskritkan satu sama lain.

"Kami akan sampaikan siapa tokoh Sunan Ampel, Islam di Indonesia dengan serba budaya yang majemuk nyatanya juga tetap bisa bertahan dan rukun," katanya.

Pihaknya menyebutkan bahwa saat ini wisata Ampel juga sering dikunjungi oleh banyak tokoh. Baik yang agama Islam maupun tidak. Namun sama-sama disambut baik dan mengenalkan siapa tokoh Sunan Ampel sebenarnya.

"Kami ajak berkeliling dan mengenalkan tokoh Sunan Ampel dan bagaimana kiprahnya menyebarkan agama Islam di Pulau Jawa," pungkasnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved