Berita Surabaya

Kekuatan Paving Kerang Cumpat Akan Diuji Laboratorium

Kreativitas warga kampung Cumpat mendapatkan perhatian dari pegiat pemberdayaan masyarakat

Kekuatan Paving Kerang Cumpat Akan Diuji Laboratorium
SURYA Online/Ahmad Zaimul Haq
Produk olahan limbah kerang untuk bahan campuran paving milik kampung nelayan Cumpat sedang ditinjau oleh tokoh pemberdayaan masyarakat asal Jakarta, Andy Budiman, Sabtu (11/11/2017). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Kreativitas warga kampung Cumpat mendapatkan perhatian dari pegiat pemberdayaan masyarakat asal Jakarta, Andy Budiman.

Andy mendatangi kampung nelayan Cumpat untuk melihat hasil olahan limbah kerang yang dimanfaatkan sebagai bahan campuran pembuat paving,  Sabtu (11/11/2017).

Andy mengatakan, apa yang dilakukan para nelayan Cumpat layak mendapatkan apresiasi.

"Saya sangat tertarik dengan karya warga nelayan cumpat. Sebab mereka bisa mengatasi permasalahan limbah kerang yang begitu melimpah di pesisir ini," ucapnya.

Menurutnya mesin pencacah kerang yang disumbang dari PENS ITS tersebut terbukti mampu mengangkat potensi usaha yang ada di kampung nelayan.

Dengan desain paving yang unik menurutnya bisa membuat ciri khas paving dari Cumpat. Paving ini diyakini bisa digunakan untuk taman, dan juga penghias rumah, misalnya untuk halaman.

"Namun yang perlu dilakukan saat ini adalah untuk menguji laboratoriun kekuatan dari paving hasil campuran limbah kerang. Agar kualitas produk bisa terukur," katanya.

Oleh sebab itu dari kunjungan ini pihaknya akan mencoba mencarikan pihak swasta dan juga instasi untuk mengkaji lebih dalam tentang paving kerang dari kampung nelayan Cumpat.

"Saat ini saya sedang mencoba mencari pihak untuk diajak kerja sama mengembangkan paving ini, dan juga agar memberikan pelatihan usaha bagi nelayan," katanya.

Sebab dengan kondisi saat ini nelayan saat tidak melaut bisa memanfaatkan potensi ekonomi kreatif untuk menopang hidup keluarga.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved