Pendapat

Produsen Narkoba Sudah Beroperasi Terbuka

Terungkapnya pabrik narkoba di kawasan perumahan elit menunjukkan perilaku narkoba saat ini bersifat terbuka.

Produsen Narkoba Sudah Beroperasi Terbuka
wktn.com
ilustrasi 

Kris Laga Kleden, Pakar hukum Pidana Universitas 17 Agustus (Untag) Surabaya :

Terungkapnya pabrik narkoba di kawasan perumahan elit menunjukkan perilaku narkoba saat ini bersifat terbuka. 

Kenapa saya katakan demikian, karena di daerah perumahan saja mereka bisa bebas melakukan itu. Bukan lagi sesuatu yang sifatnya sembunyi-sembunyi. Pengguna narkoba ini menunjukkan perkembangan, dan ini perlu dikhawatirkan.

Karena sudah tidak ada kekhawatiran untuk mengedarkan narkoba meskipun hukumannya pidana mati. Di Nusa Kambangan saja mereka masih berani beraksi.

Hal ini bisa jadi karena selama ini para pelaku ini melihat adanya hal negatif dalam proses persidangan terhadap para pelaku yang ditangkap.

Karena penegakan hukum yang di blow up hanya ketika mereka ditangkap. Tetapi proses mereka dituntut dan disidang tidak pernah diungkap. Jadi mereka memahaminya ada sesuatu dalam kasus penegakan hukum, bisa menafsirkan hal ini sebagai hal yang negatif dan bisa mereka menjadi celah mereka saat ditangkap.

Kalau dibicarakan soal hukum dan Undang-undang, boleh dibilang mungkin saja ada kelemahan. Tetapi sebenarnya hukum sudah berjalan dengan baik.

Perilaku semacam ini bukan hanya pekerjaan aparat hukum. Masyarakat juga harus ikut terlibat dan peran aktif. Kalau dibiarkan juga berarti membuka ruang masuknya pengguna bahkan produsen narkoba, termasuk di kawasan elit.

Hal ini bisa dilakukan mulai dari hal sederhana seperti rapat RT. Misalkan beralasan satu atau dua kali izin maka harus dicurigai secara positif. RT juga harusnya tidak hanya berkomunikasi melalui media sosial (medsos) dan whatsapp untuk berkomunikasi.

Karena medsos juga memberikan ruang dan jarak. RT juga perlu hadir langsung dengan mendatangi sekaligus memantau keluarga tersebut. Sesekali perlu berkunjung ke rumah warganya. Dengan demikian bisa mengawasi secara langsung kondisi rumah warga.(ovi)

Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved