Berita Surabaya

Dulu Moyangnya Berperang, Kini Warga Belanda Akan Tabur Bunga di Makam Para Pahlawan Surabaya

Dulu moyang mereka berperang melawan pejuang Indonesia. Kini, mereka datang ke Surabaya untuk menggelar tabur bunga di taman makam pahlawan.

ist
ilustrasi 

SURYA.co.id | SURABAYA - Komunitas Roodebrug Soerabaia beserta sejumlah warga Belanda akan mengunjungi makam pahlawan tak dikenal di Surabaya, Jumat (10/11/2017).

Di taman Makam Pahlawan Mayjend Sungkono, sore sekitar pukul 15.00 itu mereka akan menggelar aksi tabur bunga

Ady Setyawan, founder Roodebrug Soerabaia menuturkan ini akan jadi sejarah pertamakalinya generasi muda Belanda, menabur bunga dan doa di makam pahlawan yang guhur dalam pertempuran Surabaya.

"Dari Belanda akan hadir Robbert van de Rijdt, Direktur OGS (makam kehormatan Ereveld di Indonesia) dan beberapa warga Belanda yang datang langsung dari Belanda khusus untuk acara ini," katanya.

Aksi ini tidak begitu saja ada. Melainkan hasil reaksi positif dari pihak Belanda karena komunitas Roodebrug Soerabaia pada Oktober lalu, sudah menaruh bunga di makam korban anak-anak kecil Belanda yang terbunuh pada Revolusi 45 di Surabaya.

"Sudah waktunya generasi saat ini saling memberi penghormatan. Forgive but not forgotten (saling memaafkan namun tidak untuk dilupakan)," tegas Ady. 

Penulis: Pipit Maulidiya
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved