Berita Surabaya

Para Pelayan Kafe di Sini Penyandang Disabilitas. Pengunjung Bisa Belajar Bahasa Isyarat

Kafe di Surabaya ini unik banget dan layak didatangi. Di sini, semua pelayannya adalah penyandang disabilitas. Keren!

Para Pelayan Kafe di Sini Penyandang Disabilitas. Pengunjung Bisa Belajar Bahasa Isyarat
surabaya.tribunnews.com/pipit maulidiyah
Para pelayan di Kafe Mbok Kom yang semuanya menyandang disabilitas. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Para penyandang disabilitas kerap dipandang sebelah mata. Padahal, mereka juga orang biasa yang berhak diperlakukan sama, termasuk dalam hal mendapatkan lapangan kerja. 

Itulah yang ingin ditunjukkan Moh Shobik (31), pemilik kafe Mbok Kom di Jl Ketintang Madya, Surabaya. 

Di kafe ini, para pelayan yang berjumlah 17 orang adalah para penyandang disabiltas seperti tuna rungu, tuna wicara, dan tuna daksa. 

"Saya ingin menunjukkan ke masyarakat bahwa mereka (penyandang disabilitas), sama-sama manusia, sama-sama bisa bekerja. Saya ingin orang-orang juga terbiasa berkomunikasi dengan teman-teman penyandang disabilitas," kata Moh Shobik, Kamis (2/11/2017).

Kafe Mbok Kom buka setiap hari, mulai pukul 09.00 WIB sampai pukul 01.00 WIB. Kecuali hari Jumat mulai pukul 13.00 WIB sampai pukul 01.00 WIB.

Di sini, selain pelayannya adalah penyandang disabilitas, interiornya juga dikemas sedemikian rupa sehingga nyaman untuk pengunjung dari berbagai generasi. 

Hal yang tak kalah menarik, di sini pengunjung juga bisa belajar bahasa isyarat dari para pelayan. Misalnya cara mengucapkan terimakasih, dan percakapan lain yang biasa terjadi di rumah-rumah makan. 

Penulis: Pipit Maulidiya
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved