Berita Ekonomi Bisnis

Bank Jatim Salurkan Kredit BLUD RSUD Dr Soetomo Rp 48 Miliar untuk Pengembangan Sistem TI

"Hariini kami melakukan penandatanganan penyaluran kredit BLUD bersama RSUD Dr Sutomo dengan nilai Rp 48 miliar,"jelas Su'udi.

Penulis: Sri Handi Lestari | Editor: Parmin
surya/sugiharto
Direktur menengah korporasi Bank Jatim, Su'udi (empat dari kiri) bersama Direktur RSUD Dr. Sutomo, Dr. Harsono mendengarkan penjelasan notaris saat perjanjian kredit di Kantor Bank Jatim, Selasa (31/10/2017). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Penyaluran kredit kepada Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) untuk mengembangkan fasilitas kesehatan kepada masyakarat menjadi salah satu tugas dan target dari PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur atau Bank Jatim.

Dengan RSUD Dr Soetomo, sebagai salah satu BLUD Provinsi Jatim, penyaluran kredit diawali dengan penandatangan kerjasama yang dilakukan di Kantor pusat Bank Jatim, Selasa (31/10/2017).

"Hariini  kami melakukan penandatanganan penyaluran kredit BLUD bersama RSUD Dr Sutomo dengan nilai Rp 48 miliar. Rencananya jumlah itu akan dimanfaatkan untuk pengembangan sistim TI (Teknologi Informasi) yang ada di RS," jelas Su'udi, Direktur Menengah dan Korporasi Bank Jatim, usai penandatanganan bersama Direktur Utama RSUD Dr Soetomo, dr Harsono.

Usai tandatangan, diharapkan kucuran dana bisa langsung diberikan untuk segera diaplikasikan sebagai pengembangan sistim yang dimaksud. Dirut RSUD Dr Soetomo, dr Harsono mengakui, pihaknya sedang terus melakukan pengembangan pelayanan dari RSUD Dr Soetomo.

"Sistem TI yang kami kembangkan dengan dana pinjaman ini adalah sistim TI yang terintegrasi di seluruh bagian yang ada di RSUD Dr Soetomo. Mulai dari manajemen keuangan di internal, hingga ke pelayanan-pelayanan kepada masyarakat. Seperti di unit rawat jalan, gedung pusat bedah terpadu, IRD dan yang sedang kami siapkan Gedung Pusat Jantung Terpadu," jelas dr Harsono.

Untuk penggunaaanya, dr Harsono menyebutkan, setelah penandatanganan ini, pihaknya bergerak melakukan langkah-langkah mulai dari konsultasi, lelang pengadaan, hingga prosesnya.

Menurut dr Harsono, pengembangan TI pelayanan di RSUD Dr Soetomo tidak hanya senilai Rp 48 miliar.

"Pastinya akan bertahap. Kami sendiri (RSUD Dr Soetomo) hingga beberapa tahun kedepan, punya alokasi kredit di Bank Jatim hingga Rp 1 triliun lebih," tambah dr Harsono.

Tercatat, sejak diterbitkan di tahun 2010. Kredit BLUD sektor jasa kesehatan telah disalurkan sebesar Rp 103,5 miliar, dan telah membiayai kurang lebih 5 rumah sakit.

Di antaranya, RSUD Syarifah Ambami Rato Ebu-Bangkalan, RSUD Dr Soebandi-Jember, RSUD Tulungagung, RS Aisyiyah-Bojonegoro, RSUD Saifui Anwar-Malang dan RSUD Dr. Soetomo, Surabaya.

Dengan jangka waktu 5 tahun dan suku bunga single digit atau 9 persen, Bank Jatim berharap kredit BLUD merupakan jawaban atas pemenuhan kebutuhan operasional SKPD yang kini bisa mencari anggaran sendiri,

Selain itu diharapkan mampu mendukung percepatan layanan dan perekonomian Jawa Timur karena bisa mengurangi belanja APBD Pemprov Jatim.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved