Berita Madiun

Wali Kota Madiun Mencari Pemimpin lewat Barisan

perayaan hari sumpah pemuda di Kota Madiun dirayakan sebagai momentum kebangkitan anak muda Madiun dengan menanamkan kedisiplinan dan karakter

Wali Kota Madiun Mencari Pemimpin lewat Barisan
Kominfo Kota Madiun
Wali Kota Madiun, Sugeng Rismiyanto, saat menyaksikan aksi pemuda Madiun dalam persiapan Hari Sumpah Pemuda 

SURYA.co.id I MADIUN - Alun-alun Kota Madiun Jumat (27/10/2017) itu tidak seperti biasanya. Puluhan remaja berseragam cokelat berdiri tegak menantang mentari yang kian naik.  Suara komando menggelegar menuntut untuk mendapat perhatian. Sejurus kemudian langkah tegak remaja menjadi tontonan lalu lalang orang. 

Baris berbaris di era 1990-an lazim ditemui di setiap peringatan maupun perayaan di negeri ini. Puluhan remaja usia SD, SMP hingga SMA se Kota Madiun ini menjalani pelatihan baris berbaris lebih sebagai simbol perjuangan. 

Seperti dinyatakan Sugeng Rismiyanto, Wali Kota Madiun, dalam baris-berbaris maupun gerak jalan ada filosofi untuk menumbuhkan solidaritas anggota dalam pasukan. Selain itu, juga ada kedisiplinan untuk menciptakan kebersamaan.

"Dalam baris berbaris itu melaksanakan komando dari komandan, tidak mengenal agama, maupun suku sehingga ada rasa persatuan dan kesatuan untuk membangun kedisiplinan, dengan ini kita harapkan pelajar mengerti arti disiplin yang kemudian bisa diimplementasikan di kehidupan sehari-hari," papar Sugeng Rismiyanto

Dalam baris-berbaris, lanjut Sugeng, juga terdapat contoh kepemimpinan, aba-aba komandan harus dipatuhi anggota kelompok agar tercipta keteraturan barisan, hal ini menunjukkan pemuda Indonesia harus menjadi suri tauladan dari yang lainnya. 

"Sebagai anak bangsa diharapkan mampu mengisi kemerdekaan dan senantiasa mengarah pada dunia globalisasi dan diperlukan kerja bersama," terang orang nomer satu kota pecel ini. 

Melalui baris-berbaris ini, imbuhnya, tidak hanya untuk hari sumpah pemuda melainkan juga untuk mencari bibit - bibit unggul calon paskibraka. 

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan olahraga Kota Madiun, Agus Purwodigdo mengatakan, pelaksanaan baris-berbaris sebagai wujud Hari Sumpah Pemuda tahun 2017 ini ditujukan untuk meningkatkan kedisiplinan generasi muda di Kota Madiun.

"Dengan mengikuti kegiatan baris - berbaris ini dapat membentuk pemuda yang disiplin dan berkarakter, selain itu juga membentuk perilaku pelajar untuk bisa diandalkan ke depannya," tandasnya. (adit/nur/lelly/kominfo Madiun)

Editor: Tri Hatma Ningsih
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved