Citizen Reporter

Jika Pemuda Daerah Jambore di Trenggalek

266 peserta dari berbagai daerah di Jawa Timur bertemu di pantai Prigi, Trenggalek dalam jambore pemuda daerah 2017 ... ini ikrar mereka ...

nanang syaiful rohman/citizen reporter
Jambore Pemuda Daerah di bumi perkemahan pantai Prigi Trenggalek 

Reportase Nano Syaiful Rohim
Ketua DPC Purna Prakarya Muda Indonesia Kabupaten Trenggalek/Panitia Jambore Pemuda dan Daerah 2017

 

KABUPATEN Trenggalek menjadi tuan rumah penyelenggaraan Jambore Pemuda Daerah (JPD), 23-26 Oktober 2017 di bumi perkemahan pantai Prigi Trenggalek, Jawa Timur.

JPD yang digelar Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jawa Timur, Dewan Pengurus Daerah Jambore Pemuda, dan Purna Prakarya Muda Indonesia (PMII) itu dibuka Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf dan Bupati Trenggalek Emil Dardak.

Pelecutan cambuk seni Turonggo Yakso yang diikuti seluruh peserta, JPD pun resmi dibuka. Sekitar 700 penari Turonggo Yakso berpartisipasi memeriahkan pembukaan JPD 2017 yang diikuti 266 peserta dari 34 kabupaten/kota se-Jawa Timur.

Sebagai tuan rumah, Emil Dardak menyampaikan, JPD di Trenggalek sebagai salah satu langkah Indonesia menuju poros maritim  dunia. Berkumpulnya ratusan pemuda lebih untuk menyamakan identitas sebagai generasi muda Jawa Timur yang bisa menjadi kebanggaan Indonesia.

Hal senada dipertegas Gus Ipul, sapaan Wakil Gubernur Saifullah Yusuf, bila JPD memberi arah bagaimana menjadi generasi pemenang. Sebagai anak muda harus memiliki karakter jati diri bangsa Indonesia, berakhlak cinta tanah air, disiplin, peduli, dan hal-hal positif lain yang membuat mereka memiliki pendirian teguh dalam hidup dan menjadi contoh dan inspirasi bagi generasi lain.

Tujuan diadakan JPD untuk menumbuhkan rasa nasionalisme pemuda Jawa Timur. Selain, untuk mengembangkan kearifan budaya Jawa Timur sekaligus sarana promosi potensi daerah peserta JPD.

JPD merupakan rangkaian Jambore Pemuda Indonesia (JPI) yang tahun 2017 ini akan dihelat di Sawalunto, Sumatera Barat.

JPI sendiri bertujuan untuk meningkatkan rasa cinta tanah air, memahami keanekaragaman seni budaya, memupuk rasa kesatuan dan persatuan bangsa, serta meningkatkan keterampilan dan kreativitas pemuda menuju kemandirian.

Editor: Tri Hatma Ningsih
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved