Lapor Cak

Disnakertrans Jamin 4 Hari Dokumen TKI Tuntas

"Empat hari sambil menunggu paspor jadi, semua TKI akan ditampung dan dibekali ketrampikan khusus," jelas Setiajit.

Disnakertrans Jamin 4 Hari Dokumen TKI Tuntas
surya/nuraini faiq
ANTRE LAYANAN - Puluhan TKW mengantre layanan satu atap pengurusan semua dokumen TKI di Layanan Satu Atap di Disnakertrans Jatim, Kamis (26/10/2017). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Kepala Disnaker dan Transmigrasi Jatim Setiajit menjamin bahwa dalam hitungan empat hari semua dokumen dan berkas TKI tuntas di layanan satu pintu. Tidak hanya itu, semua layanan tersebut gratis.

"Empat hari sambil menunggu paspor jadi, semua TKI akan ditampung dan dibekali ketrampikan khusus. Penampungan dan latihan kerja itu kurang lebih tiga bulan," jelas Setiajit.

Biasanya PT penyalur TKI yang membekali mereka ketrampikan khusus. Bila menjadi TKW adalah pembantu akan dibekali ketrampilan sesuai standar internasional. Begitu juga jenis pekerjaan lainnya.

Bahkan komunikasi dan pengusaan bahasa sapaan di daerah yang dituju juga dibekali. Semua tidak bisa dibiarkan berangkat tanpa paspor.

Saat ini ada total 270.000 TKI yang bekerja di luar negeri. Sebelum diberangkatkan para TKI itu ditampung dan diberi Pelatihan selama tiga bulan.

Setiajit bersama Badan Nasional Penempatan dan Pelindungan TKI berencana memperluas kantor pelayanan hingga menjadi layanan satu atap di beberapa wilayah.

Tidak Perlu datang ke Disnaker Jartim di Surabaya. Setiap kantung-kantung daerah TKI akan dibuka layanan satu atap. Terutama daerah yang ada kantor Imigrasinya.

Mereka tidak perlu jauh-jauh ke Surabaya. "Niat kami bersama Pak Nusron Wahid (Kepala Badan Nasional Perlindungan TKI) akan membuka cabang- cabang itu untuk jangka ke depan," kata Setiajit.

Sebab selama ini jika mau mengurus dokumen ribet sekali. Para TKI itu harus datang sendiri ke Surabaya. Mereka juga harus menunggu lama karena berkas dinilai tidak kurang.

Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved