Breaking News:

Berita Surabaya

APJI akan Sosialisasi SOP Katering pada Pengusaha Home Industry, ternyata ini Pertimbangannya

Asosiasi Perusahaan Jasaboga Indonesia (APJI) akan menggelar kegiatan rakernas sekaligus sosialisasi tentang SOP jasa boga.

Penulis: Fatimatuz Zahro | Editor: Parmin
surya/fatimatuz zahro
RAKERNAS - Sujatno Ketua DPD APJI Jawa Timur (kiri) dan Rahmawati Ketua Panitia II Rakernas APJI 2017 (kanan) menjelaskan tentang masalah usaha jasa boga di Jawa Timur yang akan menjadi bahasan dalam Rakernas APJI, saat di Garden Palace, Senin (23/10/2017). 

SURYA.CO.ID | SURABAYA - Usaha bidang kuliner di Jawa Timur saat ini kian berkembang. Termasuk jasa katering, usaha makanan yang kini kian dilirik oleh para UKM.

Namun, sayangnya kebanyakan para pelaku usaha di bidang jasa boga masih banyak yang belum aware tentang standar pelayanan untuk konsumen.

Asosiasi Perusahaan Jasaboga Indonesia (APJI) akan menggelar kegiatan rakernas sekaligus sosialisasi tentang standar operasional prosedur dalam membuka jasa boga.

Hal itu akan disampaikan dalam rakernas APJI tahun 2017 yang akan diselenggarakan Rabu (25/10/2017).

S Rahmawati Ketua Panitia II Rakernas APJI 2017, mengatakan, rakernas ini akan dihadiri sebanyak 296 pengusaha jasa boga dari seluruh Indonesia.

"Dalam menjalankan bisnis jasa boga ada banyak yang harus diperhatikan. Higienisnya bagaimana, sertifikasi makanannya, serta aturan hukum sanitasinya," ucap Rahmawati, saat jumpa pers di Garden Palace, Senin (23/10/2017).

Tidak hanya itu, saat ini masih banyak pengusaha kuliner terutama di tataran home industri yang hanya mengunggulkan produk kuliner yang murah.

Padahal banyak hal yang perlu juga diatur dalam bisnis jasa boga. Misalnya untuk menjual produk mi, masaknya bagaimana l, serta penampilan juru masaknya seperti apa.

"Saat memasak, ada SOP nya, harus pakai selontongan tangan, harus memakai penutup kepala, harus mengenakan sepatu boat, dan yang lain," katanya.

Bahkan dalam penyajian ke konsumen, misalnya harus menggunakan alas daun, atau mika, lalu harus ada cara penyajian maksimal berapa jam, dan beberapa aturan lain.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved