Berita Trenggalek

Tampil di Festival Kesenian Kawasan Selatan di Trenggalek, ini yang Akan Diusung Guruh Soekarnoputra

Seniman yang juga putra bungsu Bung Karno, Guruh Soekarno Putra bakal bawa karya uniknya di Festival Kesenian Kawasan Selatan.

surabaya.tribunnews.com/bobby constantine koloway
Guruh Soekarno Putra (kanan) bersama Bupati Trenggalek, Emil Dardak dan Istri, Arumi Bachsin, pada acara temu jurnalis di Surabaya, Rabu (18/10/2017). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Seniman Guruh Soekarno Putra, berencana menampilkan sejumlah karya seninya yang terbaru pada gelaran Festival Kesenian Kawasan Selatan (FKKS) Jatim yang akan berlangsung di Pantai Prigi, Trenggalek, Sabtu (21/10/2017) hingga Minggu (22/10/2017).

Karya terbarunya itu merupakan karya seni dari berbagai daerah yang digabung menjadi satu. 

"Akan ada menyuguhkan karya seni yang menarik gabungan antara tari, musik, dan nyanyian," ujar Guruh pada acara temu jurnalis di Surabaya, Rabu (18/10/2017).

Beberapa karya seni tersebut antara lain gabungan tarian Bedhaya khas keraton di Jawa Tengah yang natinya akan digabungkan dengan gerakan gagra Jawa dan juga ditambah nuansa Islami.

Lalu, ada pula tari jatilan, jaranan dengan perpaduan musik modern dan nuansa tradisional.

Sedangkan ketiga, ada gabungan antara tarian antara Gandrung, Legong, dan Janger Banyuwangi.

Seluruh penampil tersebut akan langsung dibawakan oleh penari asal Trenggalek.

"Kami juga akan mengajak Pak Bupati, (Bupati Trenggalek, Emil Dardak) untuk menyanyi lagu ciptaan saya, Kala Cinta Menggoda," ujar Guruh.

Dari gelaran ini, ia berharap bahwa karya-karya tersebut tak cuma dipentaskan di acara tersebut, namun jug di event-event berikutnya.

"Melalui karya seni ini, semoga dapat menginspirasi kita semua, sehingga dikenal bukan hanya Indonesia, namun juga di seluruh di seluruh dunia," ungkapnya.

Berpusat di Pantai Prigi, Trenggalek, FKKS yang terselenggara di tahun ke-13 ini akan mementaskan kesenian dari delapan kabupaten di selatan Jatim.

Delapan kabupaten yang akan ikut serta tersebut antara lain, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Malang, Blitar, Lumajang, Jember, hingga Banyuwangi.

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved