Breaking News:

Lapsus

Sistem Transaksi Antar Pengelola Tol tak Padu, Belum Semua Tol Pakai Pembayaran Nontunai

Sampai kini belum semua tol di Jatim melayani pembayaran nontunai. Penyebabnya, sistem transaksi antar pengelola yang belum padu.

Penulis: Aflahul Abidin | Editor: Eben Haezer Panca
surya/aflahul abidin
Gerbang Tol Sidoarjo yang hanya melayani kartu elektronik dari beberapa bank saja. Sejauh ini, belum semua kartu elektronik bisa untuk membayar tol di pintu keluar menuju Sidarjo tersebut. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Jalur tol dari Surabaya ke arah barat, hingga kini masih belum melayani pembayaran nontunai.

Dua ruas tol tersebut, yakni ruas tol Surabaya-Mojokerto dan Jombang-Mojokerto kemungkinan baru bisa melayani pembayaran nontunai, mulai awal November 2017 mendatang.

Menurut Direktur Teknik dan Operasi PT Jasamarga Surabaya Mojokerto (JSM) Ari Wibowo, pihaknya tengah mengintegrasikan layanan dengan operator tol lain.

Ruas Tol Surabaya-Mojoketo (Sumo) yang dikelola JSM bersinggungan langsung dengan ruas tol yang dikelola PT Marga Harjaya Infrastruktur (MHI), anak perusahaan Astra Group, yakni ruas tol Jombang-Mojokerto

“Kami mencoba dalam minggu ini akan mengintegrasikan semuanya. Kami harapkan dalam bulan ini juga pembayaran nontunai bisa diimplementasikan di seksi 4,” katanya.

Ari menyatakan, infrastruktur untuk melayani pembayaran nontunai di seksi 4 tol Sumo sebenarnya sudah siap. Namun, layanan nontunai belum bisa dilaksanakan karena belum padunya sistem transaksi antarpengelola.

(Baca: Pengamat Sebut Transaksi Nontunai di Gerbang Tol Lebih Menguntungkan)

Tak hanya itu, implementasi pembayaran nontunai di gerbang tol seksi 1A juga belum dilaksanakan. Gerbang tol yang berada di daerah Bundaran Waru juga menghadapi kendala yang sama.

“Di seksi 1A, kami ada kaitannya dengan tol Surabaya-Gempol dan tol Juanda. Kebetulan, banknya juga berbeda. Jadi masing-masing badan usaha ini berikatan dengan bank yang berbeda-beda. Begitu (sistem pembayaran nontunai) ini diimplementasikan, kami harus membuat perjanjian dulu dengan banknya,” imbuhnya.

Ari menyebutkan, bank yang sudah bekerja sama dengan JSM adalah Bank Nasional Indonesia (BNI) dan Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved