Breaking News:

Lapsus

BI Minta Perbankan Siapkan 200.000 Kartu E-Toll di Jatim

Bank Indonesia Kantor Perwakilan Jatim telah meminta perbankan untuk menceak 200 ribu lembar kartu e-toll. Begini pelaksanaannya...

surya/aflahul abidin
Gerbang Tol Sidoarjo yang hanya melayani kartu elektronik dari beberapa bank saja. Sejauh ini, belum semua kartu elektronik bisa untuk membayar tol di pintu keluar menuju Sidarjo tersebut. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Jawa Timur meminta perbankan menyiapkan kartu nontunai hingga 200.000 kartu untuk mencukupi kebutuhan konsumen dalam pembayaran tol nontunai.

Jumlah itu berdasarkan hasil identifikasi kebutuhan lalu lintas harian rata-rata (LHR) di ruas tol Waru-Gempol.

"Hasil LHR di ruas tol Waru-Gempol itu bisa 260 per hari, ruas lain juga kita hitung. Kita telah mengidentifikasi sehingga bank sudah ada ketersediaan 200.000 kartu untuk Jatim,” kata Titien Sumartini, Kepala Divisi Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang Rupiah BI KPw Jatim, pekan lalu.

Lebih lanjut, Titien menyebutkan, BI bersama dengan Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) serta pengelola jasa jalan tol telah menghitung kebutuhan kartu elektronik tol (e-toll) sebelum peraturan pengguna tol wajib pakai kartu e-toll diberlakukan.

"Nantinya kartu apapun bisa dilakukan dalam 1 mesin dan tidak perlu harus memiliki bayak kartu sampai pegang 5 kartu. Kami terus memantau untuk menyukseskan e-tol di bulan Oktober ini," lanjut Titien.

Ditambahkan Titien, pihaknya terus mengawal setiap program nontunai yang menjadi program pemerintahan hingga penyesuaian infrastruktur tranportasi. Semua ini dilakukan dalam rangka untuk mencapai tujuan, yakni permbayaran yamg lancar dan aman.

(Baca: VIDEO - Uang Elektronik di Gerbang Tol, Lebih Bermanfaat atau Tidak Sih?)

Menghadapi pembayaran tol secara nontunai itu, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk telah menyiapkan kartu Brizzi. BRI Kantor Wilayah (Kanwil) Surabaya hingga pekan lalu telah menyiapkan 100.000 kartu Brizzi untuk nasabah yang bisa dipakai sebagai pembayaran e-toll.

"Hingga pekan ini sekitar 100.000 kartu Brizzi yang kami siapkan. Pekan depan kami siapkan lebih banyak lagi, dengan banyak sosialisasi termasuk di pintu gerbang tol," kata Ebeneser Girsang, Pemimpin Wilayah BRI Surabaya.

Diakui Ebeneser, BRI termasuk terlambat dalam pelayanan kartu nontunai. Namun, pihaknya optimistis bisa penetrasi lebih luas mengingat jumlah nasabahnya yang besar.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved