Breaking News:

Berita Surabaya

Surabaya kini Punya Mal Perizinan, selain Layanan Pemkot, Sejumlah Instansi juga Berkantor di Sini

"Jadi nanti kalau warga mencari kerja dan ngurus kartu kuning di sini. Nah kalau di butuh SKCK tinggal geser karena di sini ada layanan Polrestabes."

surya/achmad zaimul haq
MAL PERIZINAN - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Asman Abnur (dua kanan) didampingi Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (tiga kanan) dan Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol M Iqbal (empat kanan) meresmikan 'Mall' Pelayanan Publik di Gedung Siola, Surabaya, Jumat (6/10/2017). 

SURYA.CO.ID | SURABAYA - Warga Surabaya kembali mendapatkan fasilitas kemudahan dalam hal mengurus perizinan. Kini mengurus perizinan lebih dari 164 perizinan di Surabaya cukup datang ke satu tempat, yaitu di Mall Perizinan Gedung Siola.

Menjadi pertama di Indonesia, Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokasi Asman Abnur meresmikan langsung mal perizinan tersebut, Jumat (6/10/2017).

Gedung Siola ini memang sudah cukup lama menjadi Unit Pelaksana Terpadu Satu Atap.
Namun sebelumnya gedung ini hanya melayani perizinan oleh Pemerintah Kota Surabaya.

Namun, mulai saat ini, lantai satu Gedung Siola itu juga melayani perizinan lintas instansi.
Polrestabes Surabaya, Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jawa Timur I, layanan PDAM, kini juga bergabung untuk memberikan pelayanan perizinan di satu tempat Mal Perizinan ini.

Salah satu yang sudah memanfaatkan layanan Mall Perizinan ini adalah Sarah Putri. Warga Kecamatan Tambaksari ini datang ke Siola untuk mengurus perpanjangan SIM.

"Awalnya mau ke Tunjungan Plaza untuk memperpanjang SIM. Tapi baru tahu kalau di sini juga ada. Asik sih, jadi nggak pakai masuk mall," kata Sarah.

Menurutnya pelayanan di Mal Perizinan Siola ini juga terbilang cepat dan nyaman. Ia hanya mengumpulkan berkas berupa fotokopi KTP dan surat keterangan sehat.

"Dan pelayanan cepat, nggak sampai satu jam sudah selesai," katanya.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan Mall Perizinan ini dipastikan akan jauh mempermudah masyarakat Surabaya dalam mendapatkan layanan perizinan.

"Kalau dari Pemkot sendiri ada sekitar 164 perizinan. Lalu ditambah Polrestabes ada perpanjangan SIM, pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian, dan juga ada layanan PDAM," kata Risma.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved