Breaking News:

VIDEO - Tim Computer Vision UB Kenalkan Smart Wheelchair, Kursi Roda Teknologi Tinggi

Tim Riset Computer Vision Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya berhasil menciptakan generasi kedua kursi roda canggih, Smart Wheelchair.

SURYA.co.id | MALANG - Kursi roda pada umumnya membutuhkan gerakan tangan pengguna untuk menggerakkan roda atau menggUnakan alat penggerak berupa joystick pada kursi roda listrik.

Untuk mempermudah para difabel atau pasien yang harus menggunakan kursi roda, tim riset Computer Vision Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya membuat Smart Wheelchair generasi kedua.

Sebelumnya, tim riset telah membuat Smart Wheelchair dengan fitur sederhana. Namun seri pertama Smart Wheelchair ini belum sanggup mengangkut beban beart. 

Selama 6 bulan, tim membuat Smart Wheelchair generasi kedua dan menambah fitur unggulan.

"Smart Wheelchair yang kami buat memiliki 5 fitur utama penggerak, yaitu fitur speech recognition, yaitu menggerakkan kursi roda dengan sensor suara, fitur head movement dengan kamera yang menangkap gerakan kepala pengguna, fitur human tracking dengan mengikuti gerakan guide yang berada di depan kursi roda dengan kamera," kata anggota tim riset, Dahnial Syauqy.

Fitur berikutnya adalah kontrol manual di layar pada kursi roda dengan adanya tombol arah, serta fitur kontrol dari ponsel pintar.

"Memang yang paling reliable adalah fitur manual. Fitur speech recognition sebenarnya juga sudah bisa berjalan baik asal situasi lingkungan tidak bising," lanjut dosen FILKOM UB itu.

Sedangkan fitur head movement dan human tracking yang menggunakan kamera memang masih terkendala akurasi kamera yang belum baik.

"Harapannya bisa terus diperbaiki dan dipublikasikan di jurnal internasional, selanjutnya rencana akan dipatenkan. Kemudian rencana jangka panjang akan masuk ke dunia industri," tuturnya. 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved