Anggaran Rp 250 Juta Belum Disetujui, Rekrutmen Direksi PD Pasar Surya Terhambat

Sempat direncanakan digelar September 2017, namun hingga kini seleksi ulang untuk posisi Dirut PD Pasar Surya belum juga terealisasi.

Anggaran Rp 250 Juta Belum Disetujui, Rekrutmen Direksi PD Pasar Surya Terhambat
surabaya.tribunnews.com/Fatimatuz Zahroh
Rusli Yusuf 

SURYA.co.id | SURABAYA - Sempat direncanakan digelar September 2017, namun nyatanya hingga kini seleksi ulang untuk posisi direktur utama dan direktur administrasi keuangan Perusahaan Daerah Pasar Surya Surabaya belum juga dilakukan.

Ketua Badan Pengawas PD Pasar Surya, Rusli Yusuf mengatakan, saat ini rekrutmen dua posisi strategis tersebut masih kosong. Pelaksana tugas dirut yang sempat dijabat oleh direktur Administrasi keuangan kini juga kosong lantaran sudah habis masa jabatannya.

"Masih belum dibuka. Saya sudah mengajukan proposal untuk rekruitmen dua posisi itu, namun belum dapat persetujuan," kata Rusli pada Surya, Minggu (1/10/2017).

Ia menyebut anggaran yang dibutuhkan untuk rekrutmen dua posisi itu mencapai Rp 250 juta. Dimungkinkan keputusan pengajuan anggaran itu menunggu proses perubahan anggaran keuangan PD Pasar Surya yang akan dilakukan bulan ini.

"Kalau anggaran Rp 250 juta itu disetujui, baru kita bisa melangkah. Secara sistem semua sudah siap," kata Rusli.

Menurut Rusli agar rekruitmen ketiga ini bisa berhasil dan tidak lagi ditolak wali kota hasilnya, Bawas PD Pasar Surya sudah membuat rumusan dan pola seleksi yang sedikit dimodifikasi dari sebelumnya.

"Kita akan fokus ke assesment tentang bagaimana mereka mampu memanage perusahaan dengan baik. Setelumnya sudah ada, namun akan dimaksimalkan," kata Rusli.

Lebih lanjut, posisi dirut yang kosong, bagaimanapun harus dijabat oleh pelaksana tugas atau pelaksana jabatan. Sebab posisi itu menjadi penentu berjalannya perusahaan.

Terkait hal itu Rusli menyebut bahwa pelaksana tugas penunjukannya murni hak prerogratif wali kota.

"Pelaksana tugas yang memilih adalah wali kota langsung. Bisa ditunjuk dari kalangan pejabat Pemkot, atau opsi kedua bisa dijabat oleh direksi yang masih aktif," kata Rusli.

Sebagaimana diketahui, dari empat direksi yang ada, yang aktif saat ini tinggal dua jabatan. Yaitu Direktur Teknik yang dijabat oleh Zandy Ferryansyah, dan posisi Direktur Pembinaan Pedagang yang dijabat oleh Nurul Azza.

"Kami sudah mengusulkan nama ke wali kota. Namun ya tunggu keputusannya," kata Rusli.

Sementara itu Kepala Bagian Perekonomian Pemkot Surabaya Khalid mengatakan bahwa rekrutmen dua posisi direksi di PD Pasar Surya sedang dilakukan persiapan. Begitu juga pelaksana tugas direktur utama.

"Memang yang menjabat pelaksana tugas harus direksi yang aktif. Sebelumnya untuk pelaksana tugas dirut dijabat oleh Direktur Administrasi Keuangan. Karena Direktur Administrasi Keuangan masa jabatannya habis bulan lalu dan tidak diperpanjang, maka dua jabatan itu praktis kosong," kata Khalid.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved