Gunung Agung Terkini

Ribuan Burung Pipit Mati Misterius di Karangasem Bali, Pengaruh Aktivitas Gunung Agung?

Ribuan burung pipit mati di Karangasem, Bali. Bangkai burung berserakan di bawah pohon. Pengaruh aktivitas Gunung Agung?

Ribuan Burung Pipit Mati Misterius di Karangasem Bali, Pengaruh Aktivitas Gunung Agung?
kompas.com/Wayan Supandi
Ribuan burung pipit di Kota Amlapura, Karangasem, mati di halaman kantor pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) setempat, Senin (25/9/2017). 

SURYA.co.id | KARANGASEM - Ribuan burung pipit mati di sekitar kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Karangasem, Bali.

Bangkai burung berserakan di bawah pohon. Peristiwa itu kali pertama diketahui oleh tukang kebun Dinas PUPR Karangasem, Amin Basri (54), pada pukul 05.00 WITA.

Peneliti ekologi dan sistematika burung Lembaga Ilmu Pengetahuan Indoneia ( LIPI) Mohammad Irham mengatakan, kematian masal burung liar merupakan peristiwa yang jarang terjadi.

Dalam 10 tahun terakhir, fenomena itu terjadi pada burung air di China yang diakibatkan oleh flu burung.

Lalu, pada kasus peningkatan aktivitas gunung berapi, penyebab kematian bisa terjadi karena peningkatan suhu. Burung akan mati karena meminum air panas.

Akan tetapi, untuk kasus kematian burung pipit di Karangasem, Irham menduga penyebab kematian adalah gas beracun yang dikeluarkan Gunung Agung dengan status “awas”.

“Seperti sulfur dan metana. Bisa juga gas lain. Pada saat gunung mau meletus gas beracun meningkat. Penyebarannya lebih luas dari biasanya sehingga berefek pada burung di situ,” kata Irham, Selasa (26/9/2017).

Irham menjelaskan, pada dasarnya burung lebih cepat berpindah dibandingkan mamalia seperti rusa.

Meski mampu berlari cepat, hamparan gas beracun bisa tetap terhirup.

Jika terjadi peningkatan aktivias gunung berapi, burung yang hidup di kanopi hutan pada ketinggian 2.000-2.500 meter akan terbang rendah mendekati permukaan.

Halaman
12
Editor: Titis Jati Permata
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved