Breaking News:

Inilah Jadwal Rute Penerbangan Surabaya-Sumenep yang Baru Dibuka

Rute penerbangan Surabaya-Sumenep resmi dibuka dengan maskapai Wings Air sebagai operatornya. Inilah jadwal penerbangannya...

Penulis: Moh Rivai | Editor: Eben Haezer Panca
surabaya.tribunnews.com/moh rivai
Armada pesawat ATR 72-600 yang dioperasikan Wings Air untuk melayani penerbangan Surabaya-Sumenep. 

SURYA.co.id | SURABAYA – Penerbangan perdana pesawat komersil ATR 72 -600 Wings Air dari Bandara Juanda Surabaya – ke Bandara Trunojoyo Sumenep dipadati penumpang, Rabu (27/9/2017).

Pesawat milik anak usaha Lion Air itu membawa 70 penumpang alias full seat. 

"Alhamdulillah, walaupun tadi ada sebagian penumpang dari dinas perhubungan pusat dan Jatim, tetapi ada banyak juga penumpang umum hingga pesawat penuh,’’ ujar Wahyu Siswoyo Kepala Unit Penyelenggara Bandara Kelas III Bandara Trunojoyo Sumenep, Rabu (27/9/2017).

Begitu juga sebaliknya, dari Bandara Trunojoyo dengan tujuan Bandara Juanda Surabaya, jumlah penumpang yang terbang sebanyak 69 penumpang. 

"Jadi untuk penerbangan perdana ini pesawat full juga, hanya berkurang satu set kursi dari waktu penerbangan menuju Sumenep,’’ katanya.

(Baca: Wings Air Resmikan Penerbangan Perdana Surabaya-Sumenep, Waktu Tempuh 5 Jam Jadi 1 Jam)

Pihaknya menjelaskan, penerbangan komersil Wings Air dengan ATR 72 – 600 dijadwalkan tiap hari dengan slot penerbangan dari Bandara Juanda – menuju Bandara Trunojoyo Sumenep pukul 12.45 dan diperkirakan sampai pukul 13.20 WIB.

Sedangkan dari Bandara Trunojoyo Sumenep – Bandara Juanda Surabaya berangkat pukul 13.45 dan diperkirakan sampai pukul 14.20.

"Jadi lama perjalanan hanya sekitar 30 menit, dengan harga tiket murah dan terjangkau, yakni hanya Rp 175.000 dari Sumenep – Surabaya, sedangkan dari Surabaya – Sumenep, Rp 225.000," sambungnya.

(Baca: Resmikan Rute Baru Surabaya-Sumenep, Gus Ipul: Ini Kesempatan Sumenep untuk Lebih Maju)

Pada penerbangan perdana kali ini sekaligus digelar acara inagural flight yang diikuti oleh sejumlah pejabat dari Kementerian Perhubungan dan Dishub Jatim dan Bupati serta Jajaran Forpimka Kabupaten Sumenep.

Mereka yang hadir di antaranya adalah Staf Khusus Menteri Perhubungan, Buyung Lalana, Direktur Operasional Wings Air, Redy Irawan dan Kepala Dinas Perhubungan Jatim Wahid Wahyudi.

Buyung Lalana mengatakan, patut bersyukur Bandara Trunojoyo sudah membuka layanan penerbangan komersil yang sekaligus juga sebagai tanda semakin berkembangannya pembangunan di Sumenep.

Sesuai dengan misi presiden RI yang akan terus mengembangkan sarana dan prasarana di daerah-daerah termasuk di Kabupaten Sumenep ini.

"Makanya kita berharap tidak hanya jalur udara yang kita kembangkan juga di jalur darat dan laut,’’ kata Buyung Lalana saat memberikan sambutan, dalam acara Inagural Flight di Bandara Trunojoyo Sumenep, Rabu (27/9/2017).

"Baca: Ini Harga Tiket Penerbangan Wings Air Rute Surabaya-Sumenep"

Di lain pihak, Direktur Operasional Wings Air, Redy Irawan menyebutkan penerbangan dengan Wings Air ke Bandara Trunojoyo juga dalam upaya ikut mengembangkan pembangunan di Indonesia. Sehingga kemudian diputuskan kerjasama dengan pemerintah untuk membuka jalur penerbangan baru di beberapa daerah yang selama ini masih belum ada penerbangan komersil.

"Pembukaaan penerbangan di Bandara Trunojoyo Sumenep ini merupakan bandara ke 105 dari 200 lebih bandara yang ada di Indonesia. Sementara ini jalur penerbangan masih Surabaya – Sumenep PP, maka berikutnya semoga bisa nyambung Sumenep – Jember,’’ katanya.

Bupati Sumenep, A Busyro Karim berterima kasih kepada semua pihak yang telah bersama-sama mewujudkan penerbangan komersil Sumenep – Surabaya dengan pesawat ATR 72 – 600 Wings Air.

Untuk mensukseskan penerbangan ini, pihaknya mengaku sudah banyak melakukan koordinasi dengan berbagai pihak terutama dengan jajaran pemerintah di 4 Kabupaten di Madura.

"Mereka menyambut baik dibukanya penerbangan komersil di Sumenep, dan menyatakan akan juga bergabung mempergunakan fasilitas penerbangan ini pada penerbangan berikutnya,’’ ujar Busyro.

Selanjutnya, lanjut Busyro, setelah sukses penerbangan komersil di Bandara Trunojoyo Sumenep, pihakan akan mengambangkan penerbangan perintis ke kepulauan. Karena di sebagian kepulauan Sumenep juga sudah ada bandara, seperti di Pulau Pagerungan, Kecamatan Sapeken, Pulau Kangean dan Pulau Masalembu.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved