Breaking News:

Lifestyle

VIDEO- Perawatan pada Lansia, Bagian-bagian ini harus Diperhatikan

Pada bagian persendian, yang kerap terjadi keluhan nyeri, perawatan dilakukan dengan memberikan krim yang diresapkan dengan gelombang ultrasonic.

Penulis: Wiwit Purwanto | Editor: Parmin

Reportase: Wiwit Purwanto

SURYA.CO.ID | SURABAYA - Seperti halnya perawatan pada wanita muda, perawatan terhadap wanita lanjut usia juga hampir sama. Perawatan mulai dari ujung rambut, wajah sampai kaki.
Hanya, kata dr Santi Sadikin, perawatan khusus terhadap orang tua lebih menekankan kebugaran dan terapi pendukung bila mereka menjalani perawatan karena sakit.

"Biasanya karena kondisi sakit, mereka orang tua ini ada keterbatasan. Misalnya karena stroke, cacat, nyeri persendian, dan keterbatasan lainnya," jelas Santi.

Perawatan dari rambut, dengan pemberian nutrisi agar kondisi rambut kembali segar. Biasanya pada orang tua rambut selain beruban, kering, rambut lepek, gatal di kulit kepala dan rambut kumal.

"Dalam perawatan dengan mencuci rambut dan kepala, serta pemberian nutrisi sesuai kebutuhan," kata Santi.

Pada bagian wajah, sebagian besar yang dialami wanita lanjut usia adalah kulit wajah kering, muncul bintik hitam semacam kutil, garis kerut yang dalam atau kempot serta area kelopak mata turun.

Untuk perawatan wajah dilakukan dengan pemijatan dan pemberian krim lidah buaya.

"Iris aloe facial ini memberikan efek relaksasi melembabkan dan meremajakan kulit wajah," jelasnya.

Pada bagian persendian, yang kerap terjadi keluhan nyeri, perawatan dilakukan dengan memberikan krim yang diresapkan dengan gelombang ultrasonic.

Agar lebih menyerap pada area persendian juga diberikan sinar infra merah.

"Efeknya krim untuk antinyeri ini bisa meresap sampai ke tulang dan terasa hangat di samping melancarkan peredaran darah," tukasnya.

Santi menambahkan perawatan bukan untuk mengobati tapi sifatnya supportif dan bisa diulang ulang.

Di bagian akhir perawatan adalah merapikan kuku.

"Semacam menicure dan pedicure, dengan kondisi kuku pada lansia biasanya menebal, warna kusam dan pucat, ada jamur, nah ini butuh perawatan khusus," pungkasnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved