Breaking News:

Pemkot Surabaya Gelontor Rp 130 M untuk Taman Bersepeda di TPA Benowo

Pemkot Surabaya berencana mengembangkan kawasan TPA Benowo. Salah satunya adalah dengan membangun taman bersepeda. Seperti ini rencananya...

foto: citizen.com
TPA BENOWO - Salah satu sudut di lokasi perusahaan energi yang melakukan pengolahan sampah di TPA Benowo, Surabaya Barat. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Pemerintah Kota Surabaya kembali mengucurkan anggaran untuk pengembangan kawasan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Benowo.

Tahun ini setidaknya ada anggaran sebesar Rp 130 miliar yang dikeluarkan untuk perluasan TPA Benowo.

Dana sebesar itu digunakan untuk membebaskan lahan tambak milik warga seluas 10 hektar.

"Tahun ini kita membebaskan lahan sawah dan tambak warga seluas 10 hektar di sisi selatan TPA Benowo. Lahan ini bukan untuk TPA yang diperluas, melainkan untuk pengadaan kawasan penyangga," ucap Kepala Dinas Pengelolaan Bangunan dan Tanah (DPBT) Kota Surabaya Maria Ekawati Rahayu, Selasa (26/9/2017).

Yayuk, begitu ia biasa disapa, mengatakan bahwa kawasan penyangga ini  sudah ada dalam perencanaan pengembangan kawasan TPA Benowo.

Kawasan ini penting untuk mengamankan TPA dan kawasan di sekitarnya agar tidak langsung terkena dampak negatif dari adanya TPA seperti aroma limbah, hingga antisipasi kejadian buruk lain yang terjadi. 

"Rencananya kawasan penyangga atau buffer zone ini mengelulingi TPA Benowo. Total lahan yang harus kita bebaskan ada seluas 39,27 hektar," kata Yayuk.

Lahan yang harus dibebaskan oleh Pemkot itu kebanyakan berupa tambak.

Setelah dibebaskan, saat ini lahan seluas 10 hektar itu masih dalam tahap pengurukan. Masih belum masuk ke pengelolaan ke Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau.

"Untuk pemanfaatannya memang berupa ruang terbuka hijau. Rencananya di sana ada taman yang bisa untuk bersepeda," kata Yayuk.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved