Sosok

Tips Menghadapi Musim Panas, Rajin Pakai Pelembab dan Minum Air Lemon

Musim panas yang mencapai puncak dalam pekan ini tidak boleh diabaikan begitu saja. Terutama untuk kesehatan kulit wajah dan badan

Tips Menghadapi Musim Panas, Rajin Pakai Pelembab dan Minum Air Lemon
SURYA Online/Habibur Rohman
Ratna Yuliarviana 

SURYA.co.id | SURABAYA - Musim panas yang mencapai puncak dalam pekan ini tidak boleh diabaikan begitu saja. Terutama untuk kesehatan kulit wajah dan badan.

Sering kali kulit menjadi kering, kurang segar hingga mengurangi penampilan cantik sehari-hari. Namun hal itu tidak berlaku bagi dokter muda Ratna Yuliarviana, yang juga juga Direktur Hayyu Syari Skin Clinic.

Alumnus Fakultas Kedokteran Unair ini memiliki sejumlah tips agar kulit wajah selalu tampak segar meski musim panas sedang dalam pucaknya.

"Kulit kering bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor, bisa karena cuaca, bisa karena penumpukan sel kulit mati, kurang kolagen atau kurangnya kadar air dalam tubuh," kata Ratna.

Wanita cantik berusia 35 tahun dengan empat anak ini mengaku meningkatkan konsumsi air putih hingga dua kali lipat selama kemarau ini. Namun bukan air biasa, melainkan infus water dengan campuran buah lemon.

"Air lemon ini sifatnya basa. Yang manfaatnya bisa memperbaiki sel. Jadi dapat dua, kebutuhan air dalam tubuh terjaga, dan asupan untuk perbaikan sel kulit juga terpenuhi," ucap Ratna.

Menjaga hidrobalance ini tidak hanya bisa dilakukan dengan meminum air lemon. Tapi juga bisa diganti dengan makan buah seperti apel, stoberi, wortel atau brokoli untuk jenis sayuran.

Sedangkan untuk perawatan yang lain, Ratna menyebutkan, banyak cara yang bisa dilakukan hanya di rumah saja. Seperti menambahkan pelembab wajah.

Selain itu juga bisa diatasi dengan rutin melakukan scrub pada wajah. Scrub setiap satu kali dalam seminggu bisa dilakukan untuk mengangkat sel kulit mati yang ada pada wajah.

"Atau bisa dengan facial dan peeling. Yang efektif untuk menjaga kelembaban kulit agar tetap sehat dan kenyal," katanya.

Selain itu yang kini juga sedang marak adalah perawatan dengan air semprot untuk menjaga kesegaran wajah. Di tempat perbelanjaan dan kecantikan air ini sudah banyak dijual. Dan relatif cocok untuk semua jenis kulit.

"Kalau air semprot ini lebih fleksibel tidak seperti krim malam dan krim pagi, air ini bisa digunakan kapan saja. Begitu merasa kering tinggal semprot, jadi praktis," ulasnya.

Ratna menurutkan jika musim panas tidak harus mengurangi aktivitas sehari-hari. Hanya cukup meningkatkan perawatan ke kulit wajah sehingga bisa menjaga stabilitas kelembapan pada kulit wajah.

"Sehingga bisa tetap sehat, segar dan selalu percaya diri," pungkasnya tersenyum.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved