Berita Pendidikan Surabaya

Para Guru Persiapan Bank Soal- Kadindik Ikhsan: Visi Mereka Sama; Pendidikan Surabaya lebih Baik

"Bank soal ini nanti sebagai pengganti LKS (Lembar Kerja Siswa) yang dipersiapkan tidak hanya siswa kelas 6, namun juga kelas 1-5”, terang M Ikhsan.

surya/sulvi sofiana
Para Guru pelajaran saat berdiskusi dalam penyusunan bank soal di kantor Dindik Surabaya,Selasa (19/9/2017). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Surabaya kembali memperbarui bank soal. Kumpulan soal ini disiapkan sebagai materi latihan siswa untuk menyiapkan Ujian.

“Bank soal ini nanti sebagai pengganti LKS (Lembar Kerja Siswa) yang dipersiapkan tidak hanya siswa kelas 6, namun juga kelas 1-5”, terang Kepala Dindik Surabaya, M Ikhsan ketika memberikan pembekalan pada guru pelajaran, Selasa (19/9/2017).

Bank soal, lanjut Ikhsan, memiliki banyak fungsi, khususnya bagi siswa dapat digunakan sebagai latihan untuk menghadapi ujian atau ulangan harian.

Juga dapat dipergunakan sebagai soal ujian atau ulangan harian. Sedang bagi guru dapat dijadikan standar, sehingga tidak perlu lagi repot-repot membuat soal cukup mengambil dari bank soal karena pilihannya banyak.

“Kami berharap semua guru dapat menyetorkan soal-soal kepada tim kemudian dilakukan telaah dan revisi untuk selanjutnya di simpan pada bank soal,”tandasnya.

Mantan Kepala Bapemas dan KB Kota Surabaya tersebut mengungkapkan penyusunan soal-soal juga dilakukan melalui KKG dan K3S, sedangkan untuk kelas 6 SD masih menunggu kisi-kisi soal dari pemerintah pusat.

“Guru Surabaya memiliki visi yang sama yakni ingin memajukan pendidikan Surabaya menjadi lebih baik,”tegasnya.

Sedang Kepala Bidang Sekolah Dasar Agnes Warsiati mengungkapkan penyusunan sekaligus telaah dan revisi soal terdiri dari tim masing-masing mata pelajaran (mapel), di antaranya, mapel bahasa Indonesia, IPA, IPS, matematika, agama, seni budaya, serta PJOK.

“Guru-guru akan mempersiapkan soal-soal yang telah disesuaikan dengan kurikulum nasional, setelah jadi soal-soal tersebut akan dimasukkan kedalam sistem try out online dan database bank soal yang sewaktu-watu dapat diunduh para guru untuk latihan,”paparnya.

Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved