Berita Surabaya

Ingin Seimbang Saat Naik Sepeda Motor? Hindari Rem Roda Depan, Ini Alasannya

Trik yang disampaikan seperti menggunakan rem belakang sangat aplikatif di kehidupan nyata.

Ingin Seimbang Saat Naik Sepeda Motor? Hindari Rem Roda Depan, Ini Alasannya
surya/fatimatuz zahroh
Siswa siswi SMAN 17 Surabaya berkompetisi dalam kegiatan Yamaha Goes to School Safety Riding Education, Jumat (15/9/2017). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Siswa-siswi SMAN 17 Surabaya mendapatkan edukasi yang menarik tentang berkendara dengan aman melalui program Yamaha Goes to School Safety Riding Education, Jumat (15/9/2017).

Tak hanya mendengarkan materi tentang berkendara secara aman, para pelajar juga diberi kesempatan untuk belajar safety riding lewat kompetisi.

Dua jenis rintangan disiapkan panitia. Pertama, mereka harus bisa melalui bridge balance yang melatih keseimbangan berkendara dan yang kedua harus bisa melewati rintangan chidori atau rintangan slalom zig zag.

Lulu Masrifah, siswi kelas 12 SMAN 17, mengaku grogi saat menjajal dua rintangan itu. Terutama untuk rintangan bridge balance.

"Jembatannya kan sempit, ternyata susah jaga keseimbangan dengan tetap melaju. Tadi suka salah pakai rem depan," ucapnya.

Siswa siswi SMAN 17 Surabaya berkompetisi dalam kegiatan Yamaha Goes to School Safety Riding Education, Jumat (15/9/2017).
Siswa siswi SMAN 17 Surabaya berkompetisi dalam kegiatan Yamaha Goes to School Safety Riding Education, Jumat (15/9/2017). (surya/fatimatuz zahroh)

Padahal, sejak akan mulai kompetisi, para siswa sudah diberi penjelasan dari tim Yamaha, tidak dianjurkan untuk menggunakan rem depan karena akan membuat kendaraan berhenti mendadak dan menyebabkan jatuh.

"Kalau yang zig-zag lebih bisa lumayan balance. Tapi karena grogi sempat kakinya menyentuh tanah," ucapnya tersenyum.

Ia menyebut adanya wawasan baru tentang safety riding ini sangat bermanfaat.

Terlebih ia setiap hari juga mengendarai sepeda motor dari rumahnya di kawasan Rungkut ke sekolah.

Hal senada juga disampaikan Brefi Rofiuddzikri.

Halaman
123
Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved