Berita Pendidikan Surabaya

Pemprov Jatim Anggarkan Gaji GTT Rp35 Miliar- hanya GTT Sekolah Negeri, Daerah Boleh Nambahi

Surat Keputusan GTT SMA/SMK negeri juga telah diberikan untuk mempermudah pencairan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk gaji GTT.

ist/Humas Pemprov Jatim
Pakde Karwo dalam sebuah acara. 

SURYA.co.id | SURABAYA – Setelah merumuskan subsidi upah dasar Guru Tidak Tetap (GTT) SMA/SMK di Jatim, Gubernur Jatim, Soekarwo mengungkapkan akan mengalokasikan anggaran untuk GTT Rp33 miliar sampai Rp35 miliar.

Penganggaran tersebut akan dialokasikan provinsi pada tahun 2018 sebagai subsidi upah dasar.

Dengan total anggaran antara Rp33 miliar sampai Rp35 miliar.

“Base (dasar upah) itu dari provinsi nanti akan ditambahi dari jam mengajarnya menggunakan BOS (Bantuan Operasional Sekolah),” tutur Pakde Karwo, sapaan akrab Gubernur Jatim ini.

Surat Keputusan GTT SMA/SMK negeri juga telah diberikan untuk mempermudah pencairan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk gaji GTT. Tetapi saat ini masih menunggu surat balasan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) agar BOS dapat digunakan sebagaimana di SD dan SMP.

“Kalau daerah mau bantu nambahi boleh saja. Langsung diberikan ke sekolah. Itu sudah berlaku di Batu dan Pasuruan,” pungkasnya.

Baca: Bocoran Gaji GTT Kota Surabaya Rp 137.000 Per Jam- Sekolah Wajib Anggarkan 15 Persen dari Dana BOS

Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Jatim, Saiful Rachman menambahkan, subsidi upah dasar sementara ini diberikan hanya untuk GTT di SMA/SMK negeri. Jika patokan alokasinya mencapai Rp33 miliar.

Saiful mencatat akan terjadi peningkatan subsidi dari rencana awal. Dari jumlah GTT SMA/SMK negeri di Jatim sebanyak 3.641, maka subsidi per bulannya sekitar Rp700 ribu.

“Semula Rp300 ribu itu merupakan perhitungan paling murah dengan kondisi keuangan yang ada saat ini. Pak Gubernur mungkin mengapresiasi lebih,” kata Saiful.

Halaman
12
Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved