Reportase dari Kroasia

Velika Onofrijeva Fontana, 5 Abad Berbagi Kesegaran Air Gratis

selama 5 abad lumbung air velika onofrijeva fontana di Kroasia ini menyuplai air bersih bagi warganya ... kini, menjadi jujugan warga dan wisatawan ..

Velika Onofrijeva Fontana, 5 Abad Berbagi Kesegaran Air Gratis
pixabay.com
Maskeron, kran air bersih berwajah manusia di Dubrovnik, Kroasia 

Reportase Irawati Prillia
Traveller/pegiat literasi

SEBUAH gebrakan terjadi dalam peradaban Dubrovnik di abad ke-15. Masalah kekeringan dan kekurangan air selama musim panas, mulai teratasi. Pemerintah setempat memutuskan membangun sebuah saluran air dari sebuah sumber berjarak 12 kilometer dari tembok kota tua.

Dan kini, saat memasuki kota tua Dubrovnik di Kroasia lewat Gerbang Pile, pengunjung akan disambut oleh sebuah pemandangan spektakuler. Sebuah bangunan bersegi 16 dengan sebuah kubah di puncaknya.

Di masing-masing sisi memiliki sebuah maskeron, patung muka manusia yang mulutnya berupa sebuah keran air. Bangunan itu adalah Velika Onofrijeva Fontana atau Large Onofrio Fountain. Sebuah tempat penyedia air minum sejak lebih dari lima abad silam.

Dibangun antara tahun 1430-1440 Masehi, Large Onofrio Fountain merupakan jawaban pemerintah saat itu terhadap masalah kekurangan air bersih.  Namanya diambil dari nama arsiteknya, Onofrio della Cava. Bangunan ini sempat hancur akibat gempa di tahun 1667, namun berhasil dibangun kembali, serta masih berfungsi dengan baik sampai sekarang.

Onofrio della Cava membangun dua bangunan penyalur air, besar dan kecil. Keduanya, sejak zaman dahulu menjadi tempat warga lokal mencukupi kebutuhan air bersih mereka.

Setelah instalasi air bersih modern dipasang di rumah-rumah warga Dubrovnik, fountain ini kemudian menjadi tempat minum gratis bagi semua orang. Baik warga kota, maupun para wisatawan.

Di musim panas, Large Onofrio Fountain menjadi salah satu atraksi wisata yang ramai dikunjungi. Bangunannya lumayan besar. Terlihat sederhana, namun elegan. Di hari-hari panas, banyak orang datang kemari untuk berteduh sekalian memanfaatkan airnya.

Orang-orang bergantian membasuh muka, kepala, mengisi botol-botol minuman mereka. Banyak juga yang meminum kucuran air langsung dari keran. Airnya dingin dan menyegarkan.

Editor: Tri Hatma Ningsih
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved