Citizen Reporter

Ungkapan Cinta di Ungapan

belum banyak dijamah pengunjung, namun sungguh ... pesona pantai Ungapan di Malang selatan ini benar-benar susah diungkapkan ...

Ungkapan Cinta di Ungapan
satriya nugraha/citizen reporter
Eloknya pantai Ungapan ini susah diungkapkan 

Reportase Satriya Nugraha
Anggota Seni, Budaya dan Pariwisata DPD KNPI Jawa Timur

PANTAI Ungapan terletak di pesisir selatan atau di Samudra Hindia yang secara administratif masuk Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Berjarak sekitar 64 km dari Kota Malang dan butuh waktu tiga jam perjalanan. Bila dari Kota Malang, arahkan kendaraan langsung ke Turen, belok ke selatan menuju Sumbermanjing Wetan dan lurus menuju arah Pantai Sendangbiru, karena Ungapan tak jauh dari situ. Beruntung jalanan sudah beraspal mulus kendati berkelok-kelok.

Atau, alternatif jalan lainnya, bisa melalui jalur ke Balekambang, kendati lebih jauh. Hingga di perempatan sebelum pantai Balekambang, ambil jalur kiri menuju Ungapan.

Harga tiket ke Ungapan cukup terjangkau. Asyiknya lagi semua kendaraan bisa diparkir tepat di bibir pantai. Keindahan Ungapan yang tak kalah dengan pantai Bajulmati bisa langsung dinikmati.

Bukan hanya laut selatan yang elok, udara sejuk, lesehan di pasir pantai yang bersih sembari makan dan minum, sungguh kenikmatan tiada tara. Terlebih, banyak penjual kelapa muda di sana.

Deburan ombak agak tinggi, deretan batu besar berbentuk serupa buaya tepat di sisi kanan pantai, menjadi pesona Ungapan yang memiliki air laut biru jernih. Sungguh anorama laut lepas yang mengagumkan.

Gradasi air laut yang biru adalah salah satu yang menarik di Ungapan. Pulau karang yang menjulang dan angin yang semilir memanjakan wisatawan.

Di sore hari pengunjung bisa mendapat bonus detik-detik terbenamnya matahari. Ungapan memang indah dan sayang bila tidak dikunjungi.

Pasir pantainya yang tidak terlalu putih sangat halus dan tidak dipenuhi karang seperti pantai-pantai lainnya.

Di siang hari pasir pantai ini akan terasa panas di kaki, jadi sebaiknya ke Ungapan pada pagi atau sore hari.

Sayang, pengunjung dilarang menyebur ke tengah laut karena ombak pantai Ungapan yang cukup besar dan sStruktur pantai yang melandai curam membuat sangat berbahaya jika berenang di sini.

Namun, pengunjung bisa mandi dan berenang di muara yang cukup luas di Ungapan. 

Editor: Tri Hatma Ningsih
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved