Berita Otomotif

Suzuki Baleno Diharapkan Mampu Gairahkan Pasar Hatchback

Seri ini merupakan generasi keempat dari Baleno sedan yang sudah dipasarkan di Indonesia sejak 1996 lalu.

Penulis: Sri Handi Lestari | Editor: Parmin
surya/sugiharto
Pengunjung mengamati Suzuki Baleno Hatchback yang diluncurkan di Pakuwon Mall Surabaya, Jumat (18/8/2017). Suzuki Baleno Hatchback ini menyasar kaum muda dan diklaim paling irit di kelasnya. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Pasar otomotif segmen Hatchback di wilayah Jatim semester I 2017 mengalami penurunan 17 persen (year on year).

Total pasar hatchback pada bulan Januari hingga Juni 2016 mencapai 2.630 unit. Sementara periode sama tahun 2017, anjlok di angka 2.181 unit.

Bersamaan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) meluncurkan Baleno hatchback, untuk pasar Jatim, Jumat (18/8/2017), di salah satu pusat perbelanjaan di Surabaya barat.

Seri ini merupakan generasi keempat dari Baleno sedan yang sudah dipasarkan di Indonesia sejak 1996 lalu.

Freddy Teguh, Sales and Marketing Director PT United Motor Center (UMC), kehadiran seri ini diharapkan mampu menggairahkan pasar hatchback yang sebelumnya tergerus pasar MPV dan LCGC.

"Dan di saat bersamaan tidak ada seri baru. Dengan adanya seri baru ini, diharapkan pasar Hatchback kembali bergairah. Apalagi Baleno kali ini berbeda dengan seri hatchback dari brand lainnya," jelas Freddy.

Baleno didukung mesin K14B 4-silinder segaris 1.373 cc, 16 valve, DOHC, VVT, MPI bertenaga 92,4 PS @6.000 rpm dan torsi 130 Nm @4.200 rpm.

Hasil uji efisiensi konsumsi bahan bakar transmisi manual tembus 22,17 kpl dan 20,66 kpl untuk transmisi otomatis.

Di Jatim, Baleno tipe manual dipasarkan seharga Rp 203 juta. Sedangkan yang transmisi otomatis dipasarkan seharga Rp 214,5 juta.

"Kami ingin Baleno ini menjadi kendaraan favorit baru bagi warga di Jatim," kata Wataru Goto, Suzuki Motors Corporation Representatif.

Mobil ini punya dimensi panjang 3.995 mm, lebar 1.745 mm, dan tinggi 1.510 mm. Jarak sumbu roda mencapai 2.520, dan mempunyai radius putar 4,9 meter. Kombinasi lampu sudah modern, menggunakan proyektor HID untuk lampu utama, dilengkapi dengan daytime running lights (DRL).
Sinar ketinggian bisa disetel sampai empat tingkat. Lampu belakang juga sudah LED, termasuk lampu stop di pada spoiler.

"Harga mobil sangat kompetitif. Dengan situasi ekonomi yang masih lesu, masyarakat akan lebih selektif membeli kendaraan," tambah Prabowo Liegangsaputro, Operational Director PT United Motors Center (UMC).

Mobil berdiri di atas platform baru Heartect dan Total Effective Control Technology (TECT) Body. Platform ini dianggap efektif menyerap dampak tumbukan dan menyebarkan enegi ke seluruh rangka untuk mengurangi efek benturan.

Fitur keselamatan standar cukup bisa dibanggakan, selain SRS Airbag juga ada Side Impact Beam, ABS, EBD, sampai Brake Assist.

Baleno memiliki tangki bahan bakar dengan kapasitas 37 liter yang memungkinkan melaju lebih dari 800 kilometer.

"Dengan kehadiran Baleno baru ini, kami targetkan penguasaan pasar kami bisa naik ke angka 11 persen dari posisi saat ini 10 persen," tandas Prabowo.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved