Breaking News:

Unair Raih Rangking 7 Besar di Jatim Dari Kemenristek Dikti

Kemenristek Dikti mengumumkan peringkat Perguruan Tinggi se-Indonesia tahun ini. Unair menduduki peringkat ketujuh. Ini daftar lengkapnya...

surya/nuraini faiq
Rektor Unair M Nasih 

SURYA.co.id | SURABAYA –Kementerian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) kembali mengumumkan peringkat perguruan tinggi (PT) se-Indonesia tahun ini. Pengumuman yang dilakukan usai upacara kemerdekaan itu terbagi menjadi beberapa kategori.

Dua perguruan tinggi negeri di Surabaya bahkan menjadi unggulan di wilayah Jatim. Keduanya adalah Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) yang meraih rangking 5, dan Universitas Airlangga di rangking 7 untuk PT terbaik klaster 1 kelompok non politeknik.

Dalam pemeringkatan yang terbagi dalam lima klaster tersebut, ITS meraih poin 3,23 dan menduduki peringkat kelima. Hal itu mengantarkan ITS masuk ke dalam klaster pertama Perguruan Tinggi Indonesia.

Rektor ITS,Prof Joni Hermana menjelaskan penilaian tersebut didasarkan atas empat aspek, yaitu Sumber Daya Manusia (SDM) dengan bobot 30 persen, Kelembagaan 28 persen, Kemahasiswaan 12 persen, dan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat 30 persen.

Dalam aspek SDM, ITS menempati peringkat ke delapan. SDM yang dimaksud menitikberatkan pada persentase dosen S3, persentase dosen dalam jabatan lektor kepala dan guru besar.

Sedangkan aspek kelembagaan meliputi akreditasi Institusi, akreditasi program studi BAN-PT, jumlah program studi terakreditasi internasional, dan jumlah mahasiswa asing. Selanjutnya, adalah aspek kemahasiswaan yang mendapat peringkat keempat meliputi kinerja kemahasiswaan.

Terakhir adalah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang menitikberatkan pada kinerja penelitian, kinerja pengabdian kepada masyarakat, dan jumlah artikel ilmiah terindeks per jumlah dosen. Di aspek ini, ITS mendapat peringkat ke enam.

Tahun ini, menurut Joni, ada beberapa perubahan terkait dengan klasterisasi ini seperti pembagian perguruan tinggi menjadi dua, yaitu politeknik dan non politeknik, perubahan indikator, dan perubahan bobot dalam beberapa komponen utama.

Peringkat ITS mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya. Setelah sebelumnya dikalahkan oleh Universitas Brawijaya (UB), kini ITS kembali pada peringkat kelima.

“Hal ini mengantarkan ITS menjadi perguruan tinggi terbaik di Jawa Timur,”bangganya.

Halaman
12
Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved