Berita Otomotif

Sehari Pameran di GIIAS, Fortuner TRD Sportivo Diperkenalkan di Pasar Jatim

"TRD ini dirancang dan dikembangkan secara lokal di Indonesia, oleh masyarakat Indonesia, dan untuk masyarakat Indonesia," kata Darmawan Halim.

Sehari Pameran di GIIAS, Fortuner TRD Sportivo Diperkenalkan di Pasar Jatim
surya/sugiharto
Area GM TAM, Darmawan Halim (kiri) bersama Operation manager Jatim, Hendra Purnawan menjelaskan perubahan model pada Toyota Fortuner TRD usai dikenalkan di RM Bandar Jakarta Surabaya, Jumat (11/8/2017). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Sehari setelah dikenalkan di Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2017, varian terbaru dari SUV (Sport Utility Vehicle) Fortuner, TRD Sportivo dikenalkan di pasar Surabaya, Jumat (11/8/2017).

Pada varian ini, mobil mendapat sejumlah peningkatan termasuk penambahan rem cakram di roda belakang.

"TRD ini dirancang dan dikembangkan secara lokal di Indonesia, oleh masyarakat Indonesia, dan untuk masyarakat Indonesia," kata Darmawan Halim, Area General Manager Toyota Astra Motor (TAM).

Sementara di Auto 2000, diler Toyota area Jawa Timur (Jatim) hingga akhir tahun ini memproyeksikan penguasaan pasar segmen Sport Utility Vehicle (SUV) di Jatim mencapai 55 persen. Saat ini, penguasaan pasar Toyota disegmen tersebut masih diangka 43,7 persen.

Operation Manager Auto2000, diler Toyota Jatim, Hendra Purnawan mengatakan, peningkatan target pengusaan pasar (market share) tersebut menyusul hadirnya varian terbaru SUV andalan Toyota, yakni New Fortuner TRD Sportivo.

"Ini merupakan seri tertinggi dari keluarga Fortuner yang banderol mulai dari Rp538 juta. Tahun lalu memang pasar SUV sedang menurun. Tapi dengan adanya varian baru ini (New Fortuner TRD), kami optimistis pangsa pasar akan naik,” kata Hendra.

Lebih lanjut, Hendra menyebutkan, total market SUV di Jatim selama tahun lalu sebanyak 6.848 unit.
Dari jumlah itu, Toyota Fortuner terjual sebanyak 2.733 unit. Dengan jumlah penjualan itu, Toyota Fortuner menguasai pasar sebanyak 39,9 persen.

Hingga Juni 2017, total market SUV sebanyak 3.011 unit. Fortuner meraih penjualan sebanyak 1.317 unit dengan pangsa pasar 43,7 persen.

“Tahun lalu, jumlah SUV yang terjual tiap bulan di Jatim sebanyak 751 unit. Saat ini turun menjadi rata-rata 504 unit sebulan,” tambah Hendra.

TRD Sportivo ini hadir dalam dua tipe, yakni 2.4 VRZ 4x2 dan 2.7 SRS 4x2. Fortuner TRD Sportivo tak mendapat penambahan fitur keselamatan aktif dan hanya meningkatkan sistem pengereman di roda belakang yang sebelumnya tromol menjadi cakram.

Kendaraan untuk medan berat ini mengalami perubahan yang cukup signifikan pada corak body untuk menguatkan kesan sporty dan ubahan di buritan.

Sementara itu, secara umum Auto2000 hingga akhir tahun ini memproyeksikan angka penjualan untuk semua tipe sebanyak 37.000 unit. Per semester I/2017 sudah terjual sebanyak 17.000 unit.

Untuk Fortuner, kontribusi terhadap total penjualan di Auto2000 kurang signifikan, hanya sekitar 5 persen.

Sedangkan yang berkontribusi paling besar adalah tipe Avanza dan Calya.

Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved