Berita Pendidikan Surabaya

Guru SMA Keluhkan Tunjangan Belum Turun, Kadindik Jatim: Sudah Cair, Tak Perlu Bingung

“TPG adalah hak guru dan bukan hak dinas, sangat tidak bagus bila ditunda-tunda," ujar Kepala Dinas Pendidikan Jatim Saiful Rachman.

surya/ahmad zaimul haq
Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jatim Saiful Rachman. 

SURYA.co.id | SURABAYA – Tunjangan Profesi Guru (TPG) triwulan kedua yang harusnya dicairkan Juni, hingga saat ini belum juga diterima sekolah. TPG yang dicairkan tiap 3 bulan ini juga sempat telat saat pencairan triwulan pertama.

Guru kimia di SMAN 1 Surabaya, Ari Suprapto mengungkapkan, guru di SMA Negeri belum ada yang menerima dana TPG di rekening mereka.

Padahal tahun lalu pencairan biasanya dilakukan di akhir bulan tiap triwulan. Dan untuk triwulan kedua biasanya paling telat dicairkan bulan Juli.

“Ya masih menunggu, kalau Surat Keterangan Tunjangan Profesi (SKTP) sudah diterima dari triwulan 1,” jelasnya ketika dikonfirmai SURYA.co.id, Kamis (3/7/2017).

Dikatakannya, karena keterlambatan pencairan ini berlangsung bersamaan, sehingga guru tidak panik ataupun khawatir.

Ditanya terkait kebutuhan guru yang mendesak yang menunggu TPG, Ari mengaku wajar jika ada kebutuhan guru akan meminjam ke koperasi sekolah.

“Ya kalau lagi butuh ya pinjem koperasi. Tiap orang beda kebutuhannya,” tegasnya.

Hal serupa diungkapkan Kepala SMAN 6 Surabaya, Hari Sutanto. Ia juga membenarkan belum adanya pencairan TPG sejak terakhir ia mengecek rekeningnya di bulan Juli.

Namun, berbeda diungkap Kepala Dinas Pendidikan (Dindi) Jatim Saiful Rachman. Menurutnya, TPG triwulan kedua sudah dicairkan ke rekening masing-masing guru pada bulan Juli minggu ketiga.

“Sudah dicairkan. Tidak ada yang perlu dibingungkan,” katanya saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon.

Halaman
12
Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved