Musim Haji 2017

Kisah CJH Kancrit; Diam di Kamar, Pilih Tak Angkat Telepon dan Jawab WA Saudara di Kampung

Imam yang daftar haji pada 2011 dan mendapat prioritas karena usia lanjut ini tidak tahu soal tertundanya keberangkatan dirinya.

Kisah CJH Kancrit; Diam di Kamar, Pilih Tak Angkat Telepon dan Jawab WA Saudara di Kampung
surya/nuraini faiq
Aktivitas sehari-hari jemaah haji yang kancrit di Asrama Haji Surabaya. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Imam Maliki (76), hanya bisa terdiam di teras kamar Asrama Haji Sukolilo. Dia tampak terduduk lesu sambil menatap kosong lorong di depan kamar.

Berkali-kali, kakek sepuh ini menghisap rokok dalam-dalam. Sudah tiga hari ini jemaah asal Gandusari, Blitar, Jatim itu hanya berdiam diri di dalam kamar.

"Kulo kok Dereng bidal piyambak (saya kok belum berangkat). Kulo manut mawon lan disuwun sabar (saya patuh dan diminta sabar," kata Imam saat ditemui di salah satu lorong kamar Asrama Haji, Rabu (2/8/2017).

Imam yang daftar haji pada 2011 dan mendapat prioritas karena usia lanjut ini tidak tahu apa-apa soal tertundanya keberangkatan dirinya ke Tanah Suci.

Dia juga tak diberitahu dari panitia haji di Blitar bahwa visa Imam belum turun. Imam yang berangkat ke Asrama Haji Sukolilo bareng rombongan hanya kaget karena dia dan beberapa rekan tidak dipanggil.

Setelah semua pemeriksaan dokumen tuntas, jemaah yang tergabung dalam kloter 11 ini tak dipanggil-panggil. "Kulo nggih ajrih (saya cemas)," kata Imam.

Ternyata tidak hanya Imam, ada 6 jemaah lain juga dari Blitar dengan kasus yang sama. Belum memiliki visa. Mereka hingga sore ini menempati salah satu kamar di Asrama Haji.

Persis di depan Imam, tampak seorang jemaah menjemur pakaian di lorong. Ternyata jemaah ini satu rombongan dengan Imam. "Niku nggih sami," kata Imam.

Orang yang dimaksud adalah Tahfid yang satu kloter. Pria ini bersama istrinya juga tertahan di Asrama Haji Sukolilo. Padahal seharusnya mereka terbang ke Tanah Suci pada 31 Juli 2017.

Tahfid yang asli Kanigoro, Blitar ini berusaha sabar atas situasi yang dihadapi. Namun dia iri melihat kloter dari daerah lain ada yang visa belum turun langsung diurus.

Halaman
12
Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved