Target Surabaya Bebas Campak dan Rubella, 590.921 Anak Akan Divaksin

590.921 anak di Surabaya yang berusia 9 bulan hingga 15 tahun bakal divaksin campak dan Rubella

surabaya.tribunnews.com/Fatimatuz Zahroh
Wakil Wali Kota Surabaya, Wishnu Sakti Buana, saat hadir dalam sosialisasi vaksin campak dan rubella di Surabaya. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Sebanyak 590.921 anak di Surabaya yang berusia 9 bulan hingga 15 tahun akan dijadikan sasaran untuk pelaksanaan vaksin campak dan rubella.

Pemberian vaksin ini sifatnya wajib, agar anak-anak di Surabaya bisa bebas dari penyakit membahayakan tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya Febria Rachmanita menuturkan, pemberian vaksin akan menyasar anak usia 9 bulan hingga 15 tahun yang kemudian diikuti dengan tahap pengenalan.

“Total seluruh anak di surabaya yang bakal divaksin berjumlah 590.921,” tutur Febria ketika membuka acara Kampanye Imunisasi Measles Rubella (MR) tahun 2017 di Lapangan Putro Agung Kelurahan Rangkah, pada Selasa (1/8/2017).

Febria menuturkan Pemkot memang ingin anak Surabaya bebas campak dan rubella. Namun Febria menyebut tidak menargetkan Surabaya 100 persen.

“Paling penting adalah bagaimana semua anak di bisa mendapatkan vaksin,” katanya.

Kampanye imunisasi MR yang sudah ditetapkan pemerintah pusat sebagai vaksin pada imunisasi dasar lengkap, akan dibagi menjadi dua tahap.

Pertama, bulan Agustus yang dilakukan semua sekolah PAUD, TK, SD/MI/SDLB dan SMP/MTs/SMPLB. Sedangkan tahap kedua dilakukan September, dengan pemberian imunisasi di posyandu, polindes, poskedes, puskesmas dan rumah sakit.

Virus rubella ditularkan melalui jalur pernapasan dan bereplikasi di nasofaring dan kelenjar getah bening. Virus ini ditemukan di dalam darah lima sampai tujuh hari setelah infeksi dan menyebar ke seluruh tubuh.

“Virus tersebut dapat menular melalui saluran napas yang dapat menyebabkan pasien terkena penyakit komplikasi berat, misalkan diare, radang paru (pneumonia), radang otak (ensefalitis), kebutaan hingga kematian,” terang Perempuan berkacamata ini.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved