Masih Ada 5.000 Calon Jemaah Haji Yang Belum Terima Visa

Calon jemaah haji yang tertunda keberangkatannya ini mengungkapkan sempat khawatir sat mengetahui visa mereka belum datang...

Masih Ada 5.000 Calon Jemaah Haji Yang Belum Terima Visa
Surya Online/Sulvi Sofiana
Pemberangkatan Kloter 4 Calon jemaah haji di asrama haji Surabaya, Sabtu (29/7/2017) 

SURYA.co.id | SURABAYA – Ratusan Calon Jemaah Haji (CJH) asal Kediri yang sempat tertunda pemberangkatannya karena belum diterimanya visa telah diberangkatkan bersama kloter 4. Yaitu pada Sabtu (29/7/2017) pada pukul 15.30 dari asrama haji Surabaya.

CJH yang tertunda keberangkatannya ini mengungkapkan sempat khawatir sat mengetahui visa mereka belum datang. Heru Santoso (50), warga Ndoko Ngasem Kediri mengungkapkan menukar jadwal keberangkatannya. Dirinya yang sudah siap untuk berangkat pada Kloter 3 terpaksa mundur karena ibu dan istrinya belum mendapat visa.

“Harusnya kemarin (Jumat, 28/7/2017), tetapi saya juga harus mendampingi ibu dan istri makanya saya tunda saja,” jelasnya.

Sementara Sa'diah (60), bersama ibunya yang berusia 75 tahun harus kebingungan menghadapi perubahan kloter. Dirinya bahkan tidak mendapat pengarahan akan menjalankan ibadah dengan regu yang mana.

“Regu saya sudah berangkat kemarin, ini saya bingung sekarang regunya siapa. Kami bahkan belum dapat gelang kesehatan,” keluhnya.

Dalam CJH kloter 4 ini juga terdapat wakil Bupati Kediri, Masykuri Ikhsan yang juga mendapat penundaan keberangkatan akibat visa yang belum tuntas. Masykuri mengungkapkan, sudah biasa jika kloter awal harus ketinggalan visanya. Walaupun harusnya pengurusan paspor dan visa kloter pertama harus didahulukan.

“Tapi wajar lah orang kerja mungkin capek sampai belum selesai visanya,” ungkapnya.

Kabid Haji dan Umrah Kemenag Jatim yang juga Sekertaris PPIH Embarkasi Surabaya, Faridul Ilmi menyebut visa calon jamaah Haji yang diberngkatkan melalui embarkasi Surabaya diambil bertahap. Hingga keberangkatan kloter 4, sekitar 5.000 visa masih belum diambil dari kedutaan Arab. Sedangkan sekitar 26 ribu visa sudah melalui tahap verifikasi di asrama haji Surabaya.

“Yang pasti setiap kloter akan terisi dan berangkat, seperti CJH Kediri yang jatahnya kemarin kloter 3 ya diisi dari yang sudah siap di kloter 4,” jelasnya pada SURYA.co.id.

Ditanya terkait kemungkinan CJH belum mendapat visa saat jadwal kloternya tiba. Farid megungkapkan hal tersebut bisa diatasi, dan dirinya memastikan masalah visa akan tuntas karena masa pemberangkatan haji selama sebulan, Namun, jika kendala CJH merupakan kesehatan akan sulit untuk diberangkatkan.

Hingga saat ini dikatakannya ada 2 CJH kloter 5 yang masih dirawat di poliklinik. Jika tidak memungkinkan untuk berangkats sesuai jadwalnya maka akan digantikan dengan CJH lain yang telah siap.

“Sakitnya ringan, kemungkinana masih bisa ikut. Tergantung rekomendasi dokter nantinya,” tegasnya.

Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved