Musim Haji 2017

Ribuan Visa CJH Embarkasi Surabaya Nyantol di Kedutaan Arab Saudi, Kemenag Jamin Semua CJH Berangkat

Kakanwil Kemenag Syamsul menyebutkan ada 9.804 visa yang saat ini masih di Kedutaan Arab.

Ribuan Visa CJH Embarkasi Surabaya Nyantol di Kedutaan Arab Saudi, Kemenag Jamin Semua CJH Berangkat
surya/nuraini faiq
Jemaah kloter pertama memasuki pesawat menjelang keberangkatan. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Ada sebanyak 9.804 visa calon jemaah haji (CJH) Embarkasi Surabaya kini Nyantol di Kedutaan Arab Saudi. Hingga 3 kloter pertama diberangkatkan, Jumat (28/7/2017), visa ini belum sampai di Surabaya.

Kepala Kanwil Kemenag Jatim, Syamsul Bahri saat dikonfirmasi menuturkan bahwa pada dasarnya semua dokumen jemaah sudah jadi, termasuk visa 35.270 jemaah juga sudah dicetak.

Hanya posisi dokumen yang digunakan jemaah untuk menunaikan rukun Islam kelima itu masih berada di Keduatan Arab di Jakarta. Belum diketahui persis kenapa dokumen penting ini Nyantol.

"Visa itu sudah jadi dan Tinggal dikirim saja ke Surabaya. Kami jamin terkirim ke sini. Termasuk yang dari Kediri juga sudah tuntas," ujar Syamsul.

Saat ini, total CJH Embarkasi Surabaya sebanyak 35.270 jemaah. Mereka khusus jemaah dari 38 kota dan kabupaten di Jatim. Selain itu 670 jemaah dari Nusa Tenggara Timur, dan 700 orang dari Bali.

Semua tergabung dalam Embarkasi Surabaya. Puluhan ribu jemaah Itu terbagi dalam 83 kloter dan diberangkatkan dalam dua gelombang.

Data yang disampaikan Kemenag Jatim saat ini masih menyisakan masalah visa yang belum tuntas. Artinya dokumen dari negara tujuan itu belum di tangan PPIH Embarkasi Surabaya.

Kakanwil Kemenag Syamsul menyebutkan ada 9.804 visa yang saat ini masih di Kedutaan Arab. Namun dia tak menyebut kenapa bisa demikian sehingga Kancrit.

Kabid Haji dan Umrah Kemenag Jatim yang juga Sekertaris PPIH Embarkasi Surabaya, Faridul Ilmi menyampaikan bahwa visa itu satu bendel dengan paspor.

"Bukan visa dipegang jemaah," terangnya.

Halaman
12
Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved