Breaking News:

Berita Bisnis

Cat Water Based, Inovasi Paling Baru di Bisnis Furnitur

Sistem ini mengubah sistem solvent-based yang dipakai selama ini ke sistem water-based yang ramah lingkungan.

surya/sulvi sofiana
Berbagai contoh produk furnitur kayu yang menggunakan prpduk water based saat dipamerkan di tengah seminar, Selasa (25/7/2017). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Bisnis furnitur di Indonesia telah mengalami kemajuan. Produk furniture rotan dan kayu juga mengalami peningkatan ekspor.

Trend produk ramah lingkungan juga menjadi pekerjaan rumah pada pengusaha untuk bersaing.

Propan Raya sebagai perusahaan cat nasional mengembangkan sistem water-based ASOF (American Style of Finish) yang mendapat persetujuan dan dipakai perusahaan multinasional untuk produk furnitur mereka yang diekspor ke Amerika Serikat.

Hendra Adidarma, Owner Propan Raya mengungkapkan Water-based ASOF merupakan suatu terobosan di bidang wood coatings.

Sistem ini mengubah sistem solvent-based yang dipakai selama ini ke sistem water-based yang ramah lingkungan.

“Tim Propan giat mengembangkan cat berbasis air yang ramah lingkungan, tidak hanya cat kayu tetapi juga decorative coating, metal protective coatings dan polymer floorings,”jelasnya pada SURYA.co.id, Kamis (27/7/2017).

Dikatakannya, sudah sekitar 60 persen produk Propan telah diubah dari berbasis solvent menjadi berbasis air (waterbased).

Keberadaan produk ramah lingkungan ini diharapkan bisa mendorong produsen furnitur untuk ambil bagian dalam menyelamatkan pemanasan global.

“Untuk mendukung lnovasi produk produk waterbased ini, Propan mengembangkan pabrik baru yang bernama Decorindo dan akan diresmikan pada 5 Sepember 2017 mendatang dengan teknologi terkini yang dikenal sebagai MOFA (Modular Factory) atau Rapid Processing System (RPS) dari Jerman”, ungkapnya.

Keunggulan teknologi ini dikatakannya memiliki high speed dan berkapasitas besar.

Halaman
12
Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved