Breaking News:

Citizen Reporter

Literasi Bursa Saham, Berselancar yang Menguntungkan

BEI bertekad menyosialisasikan literasi bursa saham di kampus-kampus se Indonesia karena beberapa keuntungan yang bisa didapatkan pelakunya ...

pixabay
ilustrasi 

Reportase Zainul Hidayat
Dosen Program Studi Manajemen, STIE Widya Gama Lumajang

SEMINAR nasional Prospek Investasi di Pasar Modal Peluang dan Tantangan,  mewarnai peresmian Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia (GIBEI) STIE Widya Gama Lumajang, Rabu (19/7/2017).  

Hari Prasetyo, Kepala Bidang Pengembangan Wilayah Bursa Efek Indonesia (BEI) mengungkap, masyarakat yang  menanam modal dalam bursa efek maupun saham masih sangat minim, hanya berkisar 15 persen.

"Masyarakat cenderung investasi dan menanamkam modal dalam bentuk tabungan, deposito maupun asuransi,’’ paparnya.

Padahal, lanjutnya, berinvestasi maupun kegiatan ekonomi di bursa efek tak kalah menarik. Malah akan menjadi lebih menarik, karena bisa dipantau setiap saat dan berkembang seiring dengan perkembangan teknologi.

Tentu saja Bursa Efek Indonesia (BEI) tak tinggal diam dengan terus melakukan literasi kepada masyarakat sekaligus menyosialisasikan kegiatan bursa efek ini.

Salah satunya menggandeng  kalangan  perguruan tinggi dengan memberikan ruang untuk membuka GIBEI. Di Jawa Timur tercatat ada 43 galeri investasi yang tersebar di berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta.

Galeri ke 43 di STIE Widya Gama Lumajang diresmikan Ketua STIE Widya Gama Lumajang, Drs H Hartono MM, didampingi Hari Prasetyo, Kepala Bidang Pengembangan BEI dan mitra kerja galeri investasi.

Ditargetkan akan ada 300 GIBEI di perguruan tinggi dari Sabang sampai Merauke, pada 2017 ini.

Jefry Hendrik, mitra kerja GIBEI dari Jakarta menjelaskan, pihaknya sengaja menyisir perguruan tinggi untuk melakukan literasi bursa saham. Ada beberapa alasan, antara lain perguruan tinggi merupakan candradimuka bagi intelektual.

Memang, saat ini mereka berstatus mahasiswa namun lima sampai sepuluh tahun lagi mereka bakal menjadi pelaku ekonomi sangat potensial. Bila mereka kemudian terjun di dunia bursa efek tentu akan menjadi kekuatan luar biasa.

Jefry Hendrik berseloroh, berselancar di bursa efek sangat dinamis dan penuh dengan tantangan namun juga menghasilkan.

Editor: Tri Hatma Ningsih
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved