Breaking News:

Wings Air Siap Layani Penerbangan Dari Bandara Trunojoyo Sumenep ke Surabaya

Maskapai penerbangan Wings Air tertarik membuka rute penerbangan dari Sumenep menuju Surabaya.

Penulis: Moh Rivai | Editor: Eben Haezer Panca
surabaya.tribunnews.com/Mohammad Rivai
Bandara Tronojoyo Sumenep Sabtu ini akan memulai uji coba pesawat terbang komersil ATR 72 milik Wings Air. 

SURYA.co.id | SUMENEP - Jumlah maskapai penerbangan yang beroperasi dari bandara Trunojoyo di Kabupaten Sumenep, Madura, akan bertambah. 

Setelah Airfast, tak lama lagi maskapai Wings Air tampaknya juga akan beroperasi di sana untuk melayani penerbangan Sumenep-Surabaya. 

Bahkan, manajemen maskapai tersebut telah bertemu dengan pengelola Bandara serta wakil bupati Sumenep, Achmad Fauzi. 

Informasi yang diperoleh, dalam penerbangan komersil tersebut, Wings Air akan mengoperasikan pesawat ATR 72 dengan kapasitas 70 seat. 

Kepala Unit Penyelenggara Bandara Kelas III Trunojoyo Sumenep, Wahyu Siswoyo, membenarkan rencana tersebut.

Menurutnya, kedua belah pihak telah melakukan survey untuk meninjau fasilitas di Bandara

Bahkan usai melakukan survey fasilitas dan kesiapan bandara itu, manajemen Wings Air telah meminta Otoritas Bandara Trunojoyo menyediakan slot penerbangan komersial di rute Sumenep-Surabaya.

Permohonan persetujuan slot penerbangan di rute tersebut telah diterima secara resmi melalui surat tertanggal 12 Juli 2017 lalu.

"Dan untuk tindak lanjut itu, besok (22/7/2017), pesawat Wings Air ATR 72 uji coba penerbangan dari Juanda Surabaya ke Bandara Trunjoyo Sumenep," papar Wahyu Siswoyo, Jumat (21/7/2017).

Dikatakan, secara teknis fasilitas di Bandara Trunojoyo sudah layak untuk digunakan pesawat sejenis ATR-72. Karena saat ini, Bandara Trunojoyo memiliki landasan pacu atau runway pesawat sepanjang 1.600 meter dengan lebar 30 meter .

"Karena itu fasilitas penerbangan memenuhi syarat apalagi kalau hanya untuk pesawat ATR 72 yang berkapasitas sekitar 70 penumpang," tegasnya.

Ground Operation Manager Wilayah Barat PT Wings Abadi, Eddi Guritno memastikan bahwa pihaknya sudah siap untuk penerbangan komersil ke Bandara Trunojoyo Sumenep. Selanjutnya pihaknya hanya menunggu kesiapan dari pengelola bandara dan Pemkab Sumenep.

"Kami hanya minta sejumlah obstacle keselamatan penerbangan seperti pengeprasan lantai 2 SMA PGRI Sumenep segera diselesaikan," kata Eddi Guritno.

Bupati Sumenep, A Busyro Karim menyatakan, saat ini gedung SMA PGRI Sumenep sudah selesai dirobohkan dan dipindahkan ke lokasi lain. Sehingga sudah dapat dipastikan jika saat ini tidak ada halangan lagi bagi pesawat komersil yang alan landing dan take off di Bandara Trunojoyo Sumenep.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved