Video

VIDEO - Lihat Baik-baik Ekspresi Hewan Lucu Ini, 'Menangis' Usai Diselamatkan dari Perdagangan Liar

Kukang ini hendak diselundupkan dari Kediri. Lihat baik-baik eskpresi hewan lucu itu, seperti menangis usai diselamatkan...

SURYA.co.id | KEDIRI - Sembilan ekor kukang hasil tangkapan di Kediri kini berada di kantor BBPHLHK Balai Pengamanan dan Penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan wilayah Jawa Bali Nusa Tenggara (Jabalnusra).

Masing-masing satwa liar hasil tangkapan itu mendapat perawatan oleh petugas.

Terlihat petugas sedang memeriksa kondisi kukang. Pemeriksaan itu dilakukan untuk memastikan kondisi satwa liar tersebut.

Saat diperiksa, tampak kukang tersebut seperti sedang menangis, usai diselamatkan dari perdagangan gelap.

Untuk sementara kukang (Nycticebus sp) atau yang lebih dikenal sebutan lokal malu-malu ini bakal dirawat terlebih dahulu sebelum dilepas di habitatnya.

Informasi yang dihimpun dari BBPHLHK Jabalnusra satwa liar kukang adalah primata aktif pada malam hari (nokturnal) yang tergolong satwa dilindungi.

Selain itu, primata lucu ini termasuk Apendiks I, yang oleh CITES (Convention International on Trade of Endangered Species) dilarang diperdagangkan dalam bentuk apapun.

Sedangkan ada tiga jenis kukang di Indonesia yakni kukang jawa (Nycticebus javanicus), kukang sumatera (Nycticebus coucang) dan kukang kalimantan (Nycticebus menagensis).

Di sisi lain, primata kukang itu juga tergolong di antara 25 jenis primata yang terancam punah di dunia.

Untuk diketahui harga kukang di pasar lokal berharga Rp 300.000 hingga Rp 500.000.

Halaman
12
Penulis: Mohammad Romadoni
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved