Jelang Pilgub Jatim 2018

Tutup di DPD, PDI Perjuangan masih Buka Pendaftaran Bacagub di DPP, Bambang DH: Silahkan Daftar!

"Pintu pendaftaran kan memang ada dua. Pertama, melalui DPD, kedua DPP. Kami persilahkan," kata Bambang DH.

Tutup di DPD, PDI Perjuangan masih Buka Pendaftaran Bacagub di DPP, Bambang DH: Silahkan Daftar!
surya/mujib anwar
Bambang DH 

SURYA.co.id | SURABAYA - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Jatim memang telah menutup masa penjaringan bakal calon Gubernur (bacagub) awal bulan ini.

Namun, meski ditutup di daerah, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) tetap menerima pendaftaran bagi yang belum tercatat.

DPD PDIP memang telah memulai tahap penjaringan dengan tahap pengambilan formulir (1-14/6/2017). Lalu, diakhiri dengan tahap pengembalian formulir pada 15/6-10/7/2017.

Pada penjaringan ini, DPD PDIP Jatim menerima lima pendaftar.

Menurut Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP PDIP, Bambang Dwi Hartono, pihaknya siap menerima berkas pendaftaran yang akan mendaftar melalui DPP.

"Pintu pendaftaran kan memang ada dua. Pertama, melalui DPD, kedua DPP. Kami persilahkan," kata Bambang kepada Surya.co.id, Kamis (13/7/2017).

Tak hanya untuk pilkada Jatim, pendaftaran di DPP juga dibuka untuk mengakomodir seluruh daerah yang akan pilkada.

"Kalau berdasar pengalaman di Pilkada serentak tahun 2015 dan 2017, ada yang mendaftar di DPP," lanjut pria pernah menjabat Walikota Surabaya dua periode ini.

"Bahkan untuk pilkada tahun depan, sudah ada yang mendaftar di DPP. Namun, bukan Jatim. Tapi dari wilayah Indonesia Timur," sebut Bambang.

Hingga kini, beberapa calon memiliki elektabilitas tinggi sebagai calob gubernur, namun belum mendaftar di partai, di antaranya Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa.

DPP menurut Bambang, akan lebih mempertimbangkan masukan dari DPD. Apalagi, partai berlambang kepala Banteng ini punya kedekatan bukan hanya dengan kader internalnya, namun juga eksternal.

Misalnya, Bacagub Jatim yang mendaftar di DPD PDIP Jatim, Saifullah Yusuf (Gus Ipul).

"Gus Ipul kan dulu pernah menjadi anggota DPR (tahun 2001) melalui PDIP juga. Nah, memang kalau dari historisnya, kami memiliki kedekatan dengan beliau," ujar Bambang.

Senada dengan Bambang, Sekretaris DPD PDIP Jatim, Sri Untari mendorong bakal calon gubernur yang belum mendaftar untuk melakukan pembicaraan di tataran DPP.

"Kan nama (kandidat) yang di DPD pada akhirnya juga disetorkan ke DPP. Nah, pintu pendaftaran di DPP inilah yang saat ini masih terbuka," tandas Untari.

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved