Jelang Pilgub Jatim 2018

Pendaftaran Belum Dibuka, Dua Bacagub Sudah Antre di Demokrat, ini Dua Sosok tersebut

Sekretaris DPD Partai Demokrat Jatim, Renville Antonio, mengatakan pendaftaran rencananya dibuka sekitar dua pekan mulai Rabu (12/7/2017).

Pendaftaran Belum Dibuka, Dua Bacagub Sudah Antre di Demokrat, ini Dua Sosok tersebut
surya/bobby constantine koloway (Bobby)
Sekretaris DPD Partai Demokrat Jatim, Renville Antonio, menjelaskan mekanisme pendaftaran bacagub dan bacawagub di partainya, di kantor DPD Partai Demokrat Jatim, Senin (10/7/2017). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Jatim akan membuka secara resmi pendaftaran bakal calon gubernur sekaligus wakil gubernur Jatim minggu ini.

Meski baru akan dibuka, namun dua nama telah mengantre untuk mendaftar melalui partai berlambang mercy tersebut.

Sekretaris DPD Partai Demokrat Jatim, Renville Antonio, mengatakan pendaftaran tersebut rencananya dibuka sekitar dua pekan. Dimulai pada Rabu (12/7/2017) dan ditutup pada Senin (31/772017).

Meski baru akan dibuka, ada dua figur yang telah melakukan pembicaraan secara intens dengan DPD Demokrat.
Pertama, adalah bacagub dari internal Demokrat, Nurhayati Ali Assegaf. Kedua, bakal calon gubernur berlatarbelakang birokrat, Nurwiyatno.

"Ibu Nurhayati akan mendaftar pada hari pertama (Rabu, 12/7/2017). Kemudian, Pak Nur empat hari berikutnya (Minggu, 16/7/2017)," ujar Renville pada acara temu jurnalis di Kantor DPD Demokrat, Senin (10/7/2017).

Tak hanya kedua figur ini, Renville menjelaskan bahwa ada calon lain yang juga akan mendaftar di partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono.

"Inya Allah lebih dari tiga calon. Namun, untuk nama-namanya tidak bisa kami beritahukan saat ini," lanjut anggota Komisi C DPRD Jatim ini.

Ketua panitia seleksi untuk pilkada Jatim, Maskur, menjelaskan bahwa seleksi tersebut terbagi menjadi dua tahap.

Pertama, bacagub maupun bacawagub melakukan pengambilan formulir pendaftaran dan beberapa berkas perlengkapannya.

Ada dua tahap pendaftaran di mekanisme tersebut. Tahapan pertama, bakal calon gubernur maupun wakil gubernur harus mengambil berkas formulir. Tahapan kedua cagub maupun bacawagub harus mengembalikan formulir pendaftaran dan berkas kelengkapannya.

"Ada 18 persyaratan yang harus dilengkapi," lanjutnya.

Meski belum resmi dibuka, Demokrat mengaku telah mengakomodir seorang bacagub yang mendaftar melalui partainya, yakni Saifullah Yusuf.

Sebagaimana diketahui, pria yang akrab dipanggil Gus Ipul ini telah melakukan pembacaraan secara formal pada 1 Juni 2017.

"Gus Ipul telah mendaftar pada awal Juni lalu. Kami menerima, sebab DPP (Dewan Pimpinan Pusat) memang telah membuka pendaftaran sejak Mei lalu dan ditutup pada Agustus mendatang," kata Maskur.

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved