Jelang Pilgub Jatim 2018

Kembalikan Formulir Cawagub, Bupati Ngawi Siap Dampingi Gus Ipul

"Ini adalah ikhtiar saya untuk mengabdi di tempat yang lebih luas,” beber pria yang telah dua periode berada menjabat Bupati Ngawi.

Kembalikan Formulir Cawagub, Bupati Ngawi Siap Dampingi Gus Ipul
surya/bobby constantine koloway (Bobby)
Bupati Ngawi Budi ‘Kanang’ Sulistyono. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Budi ‘Kanang’ Sulistyono menjadi peserta kelima yang mengembalikan formulir pendaftaran cawagub Jatim kepada Panitia Pendaftaran Cagub dan Cawagub di kantor DPD PDI Perjuangan Jatim, Senin (10/7/2017).

Kedatangan Kanang ke kantor DPD PDIP tak sendiri. Pria yang masih menjabat Bupati Ngawi ini didampingi kerabat dan sejumlah simpatisannya.

Menurut Kanang, pengembalian formulir ini menjadi bukti keseriusannya untuk ikut bertarung pada pilkada yang rencananya berlangsung tahun depan ini. "Ini adalah ikhtiar saya untuk mengabdi di tempat yang lebih luas,” beber pria yang telah dua periode berada menjabat Bupati Ngawi itu.

Ia pun mengutarakan alasannya memilih jabatan Wakil Gubernur. Menurutnya, ia menargetkan dapat mendampingi bakal calon gubernur yang juga mendaftar di partainya, Saifullah Yusuf (Gus Ipul).

Apabila ia bisa mendampingi Gus Ipul, ia meyakini dapat membawa Jatim ke arah yang lebih baik. Itu berdasarkan pada beberapa hal. Di antaranya perpaduan antara kalangan agamis yang diwakili oleh Gus Ipul yang juga wakil ketua PBNU dan ia yang berlatarbelakang nasionalis. "Kan cocok jika hijau dan merah berpadu,” katanya.

Selain itu, basis dukungan yang berbeda di antara keduanya juga akan semakin memperbesar peluang kemenangan di daerah. Gus Ipul memiliki massa di kawasan tapal kuda (Pasuruan, Probolinggo, Jember, Bondowoso). Sedangkan dirinya merupakan wakil dari kawasan Mataraman (Madiun, Trenggalek, Pacitan, Ponorogo).

”Setelah Pakde Karwo (Gubernur Jatim Soekarwo), orang berpikiran siapa wakil dari kawasan Mataraman. Saya mencoba mengambil peran itu,” jelas dia.

Jika terpilih sebagai wakil nanti, pria yang pernah menjabat wakil Bupati ini akan berupaya menjaga sinergi dengan Gubernur. Termasuk pembagian tugas. ”Situasi Jatim yang kondusif selama dipimpin Pakde Karwo dan Gus Ipul harus terus dijaga. Tidak perlu ada gaduh politik,” katanya.

Gus Ipul memang telah terlebih dahulu mengembalikan formulir Cagub ke kantor DPD PDIP pada pekan lalu. Komunikasi politik antar keduanya telah terjalin dalam beberapa bulan terakhir. Termasuk saat Gus Ipul hadir dalam acara Purba Nigth Festival di Benteng Pendem Ngawi April lalu.

Selain Gus Ipul dan Kanang, ada tiga bacagub bacawagub yang telah mengembalikan formulir. Di antaranya, Abdullah Azwar Anas, Suhandoyo, dan Kusnadi.

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved