Jelang Pilgub Jatim 2018

PAN Ngotot Usulkan Masfuk, Anang, dan Bupati Suyoto Maju Pilgub Jatim

Di antara ketiga nama ini, siapa yang paling dominan melakukan pembicaraan dengan DPP? Dengan nada bercanda, Bang Zul menyebut nama Masfuk.

PAN Ngotot Usulkan Masfuk, Anang, dan Bupati Suyoto Maju Pilgub Jatim
Surya/dokumentasi
Zulkifli Hasan

SURYA.co.id | SURABAYA - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Amanat Nasional (PAN) tetap bersikeras mengusulkan tiga kedernya untuk berlaga pada pilkada mendatang.

Ketiga kader tersebut Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Jatim Masfuk, Bupati Bojonegoro Suyoto, dan anggota DPR RI Anang Hermansyah.

Berdasarkan penjelasan Ketua DPP PAN, Zulkifli Hasan, ketiganya merupakan kader internal yang memiliki potensi untuk dicalonkan sebagai gubernur atau pun wakil gubernur. Misalnya saja, nama Masfuk yang telah kenyang pengalaman dengan jabatan Bupati Lamongan.

Begitu halnya dengan Suyoto juga telah mengabdi sebagai bupati Bojonegoro.

"Selain pengalaman, mereka juga memiliki basis massa yang jelas. Misalnya ketokohan Mas Anang sebagai politisi dan publik figur," lanjutnya, Minggu (9/7/2017).

Di antara ketiga nama ini, siapa yang paling dominan melakukan pembicaraan dengan DPP? Dengan nada bercanda, Bang Zul menyebut nama Masfuk.

"Kalau sampai saat ini, Gubernurnya PAN ya Masfuk," lanjutnya.

Selain ketiga kader internal tersebut, PAN juga mengakomodir calon dari eksternal. Menurut Bang Zul, ada dua nama yang telah masuk ke radar penjaringan partainya.

Pertama adalah Saifullah Yusuf atau Gus Ipul dan Khofifah Indar Parawansa.

"Dari kedua nama ini, kami telah melakukan pembicaran. Gus Ipul melakukan komunikasi di tingkat DPW beberapa waktu lalu. Sedangkan Khofifah hampir seminggu sekali bertemu kami. Wajarkan, beliau memang menteri dan saya di MPR," ujar Ketua MPR RI ini.

Apabila nantinya ia harus memilih kandidat dari luar partai, figur mana yang akan ia pilih?

"Tentu, saya akan memilih mana yang mau bersanding dengan kader kami. Tentu, kami lebih mengutamakan kader kami sendiri," pungkasnya.

PAN menjadi satu di antara partai yang memiliki potensi kekuatan di Jatim. Memiliki kursi sebanyak tujuh buah membuat partai dengan lambang matahari bersinar ini banyak diincar kandidat calon gubernur untuk dipinang sebagai rekan koalisi.

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved