Jelang Pilgub Jatim 2018

Mulai Hari ini Hanura Buka Pendaftaran Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur

Sejauh ini, sudah ada dua nama yang telah melakukan penjajakan dengan Hanura. Yakni, Bakal Calon Gubernur, Saifullah Yusuf dan La Nyalla Mataliti.

Mulai Hari ini Hanura Buka Pendaftaran Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur
surya/bobby constantine koloway (Bobby)
Suasana pertemuan tim pemenangan Pilkada 2018 Partai Hanura Jatim yang diketuai langsung Sekretaris DPD Hanura Jatim, Warsito, Jumat (7/7/2017). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Hanura Jatim resmi membuka pendaftaran per hari ini (Jumat, 7/7/2017). Dengan dibukanya tahapan pendaftaran tersebut, maka mekanisme penjaringan partai besutan Wiranto ini pun resmi dimulai.

Keputusan membuka pendaftaran tersebut tertuang pada hasil pertemuan antara DPD dengan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Hanura dari seluruh kabupaten maupun kota se-Jatim yang diselenggarakan hari ini. Pertemuan yang berlangsung di Gedung DPD Hanura ini membahas secara spesifik strategi hingga mekanisme pemenangan di 18 pilkada kabupaten dan kota serta pilkada provinsi pada tahun depan.

Berdasarkan penjelasan ketua DPD Hanura, Kelana Aprilianto, pertemuan yang berlangsung pada siang hari ini sebagai tindak lanjut dari perintah Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Hanura untuk membentuk tim pemenangan pilkada. "Kami hari ini secara resmi membentuk tim pemenangan pilkada dan menandai dibukanya proses penjaringan kandidat bacagub-bacawagub di partai kami," ujar Kelana, Jumat (7/7/2017).

Menurut penjelasannya, DPP sejatinya telah membuka pendaftaran sejak akhir Juni lalu (30/6/2017).

"Namun karena terbentur libur dan cuti lebaran, kami baru bisa menindaklanjutinya hari ini," jelas Kelana.

Pada pertemuan ini, juga telah dibentuk tim pemenangan pilkada yang diketuai oleh Warsito. Pria yang juga menjabat sebagai Sekretaris Umum DPD Hanura Jatim ini pun langsung membuat sejumlah rencana maupun target jangka panjang.

Di antaranya, mulai membuka pendaftaran selama sebulan. Yakni, sejak hari ini hingga pertengahan Agustus mendatang (18/8/2018).

Pada pendaftaran tersebut, seluruh figur, mulai dari kader internal maupun eksternal diperbolehkan untuk mendaftar. Juga untuk kader dari partai lain.

Sejauh ini, sudah ada dua nama yang telah melakukan penjajakan dengan Hanura. Yakni, Bakal Calon Gubernur, Saifullah Yusuf dan La Nyalla Mataliti. Namun, dua nama ini belum terdaftar secara resmi.

"Sehingga, kami mendorong beberapa figur yang selama ini menjalin komunikasi dengan partai kami untuk mendaftar secara resmi," ujar Warsito.

Tak hanya kedua figur tersebut, tim pemenangan pilkada ini juga akan mendorong Kelana untuk ikut maju menjadi bakal Calon Wakil Gubenur. "Sebab, kami memang diharuskan mengutamakan kader sendiri," lanjut mantan Sekretaris DPC Hanura Surabaya ini.

Terkait persyaratan yang harus dipenuhi oleh pendaftar, Warsito menyebut sifatnya normatif. Di antaranya berkomitmen melaksanakan komitmen politik. "Tentu kami akan kami akan mempertimbangkan figur yang bisa menjalankan kehendak rakyat sekaligus kepentingan partai kami," pungkasnya.

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved