Travel

VIDEO - Yuk Main ke Kampung Wisata 3 Dimensi di Kota Blitar

Seperti Kota Malang, Kota Blitar juga memiliki kampung wisata tiga dimensi (3D). Lokasinya di Kelurahan Kepanjenlor, Kecamatan Kepanjenkidul, Blitar

SURYA.co.id | BLITAR - Seperti Kota Malang, Kota Blitar juga memiliki kampung wisata tiga dimensi (3D). Lokasinya di Lingkungan RT 3 RW 1 Kelurahan Kepanjenlor, Kecamatan Kepanjenkidul, Kota Blitar.

Tempat wisata yang lagi hits di Bumi Proklamator itu lebih dikenal dengan sebutan Kampung Wisata 3D Bongares, kependekan dari Bocah Ngarep Resort. Kampung itu memang berada di depan markas Polres Blitar Kota, di Jl Jenderal Sudirman.

Begitu masuk gang sempit di kampung Bongares, mata pengunjung langsung disambut lukisan tiga dimensi yang menempel di kanan kiri tembok rumah warga. Lukisan berlatar air terjun berada tepat di mulut masuk gang.

Semakin ke dalam, pengunjung akan disuguhi bermacam-macam lukisan tiga dimensi yang menarik. Mulai lukisan binatang, pemandangan, dan lukisan benda-benda lain yang bagus untuk spot foto.
Tak hanya tembok rumah, beton cor sebagai jalan gang juga diwarnai lukisan sungai. Pengunjung yang berjalan di gang seolah-olah sedang menyusuri aliran sungai.

Berbagai jenis tanaman di pot yang berjajar rapi di pinggir jalan gang membuat suasana semakin asri. Saat malam, suasana semakin semarak dengan tambahan nyala lampu warna warni di sepanjang jalan gang.

"Kampung wisata 3D Bongares ini baru lima bulanan. Kami memang terinspirasi kampung warna-warni di Kota Malang," kata Mahendra Wicaksono (29), pengurus RT 3 RW 1 Kelurahan Kepanjenlor, Kota Blitar, itu Kamis (6/7).

Warga berinisiatif menghias kampung ketika ada lomba lingkungan berseri yang diselenggarakan Pemkot Blitar. Agar menarik, warga menambah lukisan di jalan dan tembok rumah warga. Awalnya hanya ada lima lukisan di tembok rumah warga. Ternyata lukisan di tembok itu manarik warga lain untuk berkunjung kampung itu.

"Banyak warga yang datang ke sini untuk foto-foto dengan latar lukisan di tembok," ujar Hendra, panggilan akrab Mahendra Wicaksono.

Dari situ, warga semakin semangat membuat lukisan lagi lebih banyak. Warga secara swadaya patungan membeli cat untuk menambah lukisan di lingkungan itu. Warga sendiri yang mengerjakan lukisan tiga dimensi. Sekarang ada 25 lukisan yang menjadi spot untuk foto bagi pengunjung.

"Berkat lukisan tiga dimensi kampung kami jadi juara satu lomba lingkungan berseri. Kampung kami juga terpilih mewakili Kota Blitar di tingkat provinsi," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Samsul Hadi
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved