Berita Sidoarjo

Sejak Mei Badan Kehormatan DPRD Sidoarjo Nganggur, Penyebabnya ternyata di 3 Fraksi ini

Ketua DPRD Sidoarjo, Sulamul Hadi Nurmawan, menyatakan pihaknya akan menggelar rembuk fraksi untuk menuntaskan persoalan BK ini.

irwan
Ketua DPRD Sidoarjo, Sulamul Hadi Nurmawan bersama Wakil Ketua DPRD M Rifai. 

SURYA.co.id | SIDOARJO - Anggota belum lengkap, Badan Kehormatan (BK) DPRD Sidoarjo masih belum bisa bertugas, alias menganggur. Belum aktifnya lembaga yang mengawasi kinerja kode etik anggota dewan itu yang sudah berlangsung sejak Mei lalu lantaran keanggotaannya belum lengkap.

Anggota BK DPRD Sidoarjo, Matali, mengatakan masih kurang satu anggota BK. Namun, tiga fraksi yang diharapkan mengirimkan perwakilannya sampai saat ini belum juga mengutus perwakilannya tersebut.

"Karena belum lengkap, kami belum bisa bekerja," kata Matali, Kamis (6/7/2017).

Politisi Partai Gerindra ini menuturkan berdasarkan UU MKD, jika jumlah keseluruhan anggota dewan di atas 35 orang, maka harus ada lima anggota BK. Saat ini, sudah ada empat anggota BK, yaitu Ainun Jariyah (ketua), Matali (wakil), Hadi Subiyanto (anggota), dan Agil Efendi (anggota).

Matali mengaku tak mengetahui alasan tiga fraksi (PDIP, PAN, dan PKS) yang masih belum juga mengirimkan perwakilannya untuk dipilih menjadi anggota BK. Kendati demikian, pihaknya telah mengirimkan surat ke Provinsi hingga Kemendagri terkait belum aktifnya BK DPRD Kota Delta.

Diharapkan, BK DPRD Sidoarjo harus bisa segera bekerja. Sebab, ada anggota dewan yang tersandung masalah hukum, yaitu Ketua Komisi B Khoirul Huda yang diduga menerima gratifikasi dari PD Aneka Usaha.

"Kami belum bisa bekerja karena SK-nya tidak ada," ujarnya.

Ketua DPRD Sidoarjo, Sulamul Hadi Nurmawan, menyatakan pihaknya akan menggelar rembuk fraksi untuk menuntaskan persoalan BK ini. Politisi PKB tersebut juga telah melakukan konsultasi ke Gurbernur Jatim Soekarwo yang meminta persoalan ini segera ditindaklanjuti.

"Keputusan akan diambil dari rembuk fraksi ini. Sebelum bulan berganti, BK akan sudah aktif," ucap Nurmawan.

Penulis: Irwan Syairwan
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved